E-Peer Support: Dukungan Psikososial Teman Sebaya Bagi Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 247 Jakarta

Anisa Rahmadani, Nurfadilah Nurfadilah, Siti Rahmawati, Fathiya Shafa Rahmadina, Rosalia Indah Ramadanti

Abstract


Pandemi membawa banyak pengaruh terhadap tatanan hidup, termasuk kesehatan mental remaja. Selama pandemi, kegiatan sekolah dari rumah juga ternyata memiliki dampak negatif bagi psikologis remaja, mengingat kebutuhan remaja awal untuk berinteraksi dengan teman sebayanya menjadi terbatas. Kondisi kesehatan mental juga mempengaruhi proses belajar remaja. Oleh karenanya, dukungan psikososial untuk remaja menjadi penting agar remaja memiliki resiliensi selama masa endemi ini. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa pengetahuan peserta didik meningkat dalam mengidentifikasi sumber dukungan yang diperlukan dan dapat mengidentifikasi pihak-pihak yang dapat membantunya dalam menangani masalah menjadi lebih efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebaiknya diwujudkan dalam bentuk program dukungan psikologis awal yang berkelanjutan dengan siswa sebagai pelaku utama untuk memberikan dukungan kepada teman sebayanya di SMPNN 247 dan dibimbing oleh guru BK.

Kata kunci: E-Support, Konseling Sebaya, Psikososial, Remaja


Full Text:

PDF

References


Bailen, N., Green, L. M., & Renee, T. J. (2018). Understanding Emotion in Adolescents: A Review of Emotional Frequency, Intensity, Instability, and Clarity. Sage Journal, 11(1).

Department of Health Minnesota. (2022). Psychological First Aid (PFA) What is Psychological First Aid? Minnesota.

Hidayati, N. E. (2017, June). pujionocentre.org. Dipetik November 2022, dari http://www.pujionocentre.org/pcfiles/05-Nurul-EH-KPSI_Dukungan-Psikososial-PFA_Diskusi-RKEP-2Juni17.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020, Juni). paudpedia.kemdikbud.go.id. Dipetik November 2022, dari https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/cms_9_20201109_115548.pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Pengembangan Model Dukungan Psikologis Awal Bagi Pendidikan Anak dan Remaja. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Santrock, J. W. (2007). Adolescence. McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats