Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bina Keluarga Bebas Stunting Di Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor Jawa Barat

Andi Muh Asrul Irawan, Andi Mukramin Yusuf, Zakia Umami, Harna Harna, Prita Handayani Swamilaksita

Abstract


Permasalahan yang dialami mitra adalah kurang pengetahuan tentang stunting. Kecamatan Tanah Sareal, merupakan salah satu Kecamatan di Jawa Barat yang menjadi prioritas penanganan stunting. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, Kota Bogor merupakan daerah dengan kasus balita pendek dan sangat pendek dengan tingkat lebih tinggi dibandingkan rata-rata indonesia sebesar 34,07%. Hal ini dapat disebabkan karena minimnya pengetahuan tentang gizi bagi anak di masyarakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu terkait stunting. Kontribusi dan manfaat yang diperoleh oleh mitra adalah penggunaan instrumen yang telah dikembangkan berupa tempelan kulkas, video dan buku saku yang berisi pesan cegah stunting. Selain itu, mitra memperoleh pendampingan selama program berlangsung. Adapun tahapan pelaksanaan program dimulai dari persiapan, pengembangan instrument, cegah stunting, penyuluhan, serta pendampingan program BKBS. Penyuluhan dilakukan pada tanggal 30 September 2021 di kantor Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor dan dihadiri sebanyak 55 peserta. Hasil pre post menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan signifikan (p<0.05). Hal ini diharapkan dapat memotivasi ibu balita untuk merubah sikap terkait tumbuh kembang balita dalam pencegahan stunting.

Kata kunci: Edukasi Gizi, Penyuluhan, Stunting


Full Text:

PDF

References


Administrasi Jakarta Barat Kemiskinan, T. N. P. P.(2017). 100 kabupaten/kota prioritas untuk intervensi anak kerdil (stunting). Jakarta: Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018 Provinsi DKI Jakarta. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (2014.). Rencana Pembanguna Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 Jakarta. Kecamatan Tanah Sareal dalam angka. Jakarta: Badan Pusat Statistik Kota.

UNICEF. (2017). Progress for Children: Achieving the MDGs with Equity. The Convention On the Right of the Children. Retrieved from www.unicef.org: https://www.unicef.org/media/48066/file/Progress_for_Every_Child_in_the_SDG_Era.pdf

World Health Organization. (2005). WHO child growth standards: length/height-for-age, weight-for-age, weight-for-length, weight-for-height and body mass index-for-age: methods and development. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/publications/i/item/924154693X




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats