Peran Kepemimpinan Camat dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Kacamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat

Wira Afrida, Cut Asmaul Husna

Abstract


Kecamatan Johan Pahlawan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Barat dipimpin oleh Camat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan Camat dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Johan Pahlawan. Adapun teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, kajian pustaka, dan jurnal-jurnal pendahulu. Penelitian ini penulis mengunakan metode kualitatif dan pengambilan data secara primer yaitu wawancara peneliti dengan responden (Camat, Pejabat dan staf di Kantor kecamatan Johan Pahlawan). Berdasarkan hasil penelitian, peran kepemimpinan Camat sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Johan Pahlawan, Hal ini terlihat dari peran kepemimpinan dan gaya kepemimpinan Camat yang mampu meningkatkan kinerja Pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik lebih baik.

Kata kunci: Peran Kepemimpinan, Camat, Kinerja, Pegawai.


Full Text:

PDF

References


Fadhli, M., Sos, S., & Si, M. (2014). Camat dan Kecamatan menurut UU No 23 Tahun 2014. (23), 1–6.

Hadiyanti, H. (2015). Peran Kepemimpinan , Kinerja PENDAHULUAN Latar Belakang Kepemimpinan Pengertian Kepemimpinan. 3(1), 206–219.

Lestari, R. (2013). Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(3), 157–164.

Murti, H., & Srimulyani, V. A. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasaan Kerja Pada Pdam Kota Madiun. JRMA Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 10–17.

Semaun, F. (1967). Kepemimpinan camat dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai di kantor camat sungai terbelian kabupaten sintang. 36 Perahu, 5(1), 35–44.

Suhardi, A. J., Suni, B., Syafei, M., Studi, P., Negara, A., & Pontianak, U. T. (2013). Kepemimpinan camat dalam meningkatkan kinerja pegawai pada kantor camat bunguran tengah kabupatan natuna. 1–17.

http://materibelajar.co.id/pengertian-kinerja-menurut-para-ahli http://sinta.unud.ac.id

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2008 Tentang Kecamatan

Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 4 Tahun 2003 Tentang Pemerintahan Mukim Dalam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 75 Tahun 2011 Tentang Hasil Analisis Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Umum Pada Sekretariat Kacamatan Johan




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats