STRATEGI PEMBELAJARAN FUN LEARNING di biMBA AIUEO DI KOTA CILEGON
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan di sekolah paud nonformal biMBA AIUEO Kota Cilegon . Metode penelitian ini adalah kualitatif yang berlokasi di daerah Pondok Cilegon Indah Kota Cilegon. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan cara observasi kegiatan anak di biMBA AIUEO, wawancara bersama salah satu guru yang mengajar di biMBA AIUEO ,dan dokemtasi kegiatan belajar anak. Hasil dari penelitian ini memberikan informasi mengenai strategi pembelajaran yan digunakan di PAUD Nonformal biMBA AIUEO dan mengetahui bagaimana guru menyikapi hambatan belajar pada anak . Dari hasil wawancara dengan guru biMBA AIUEO mununjukkan bahwa strategi pembelajran menggunakan metode fun learning dapat membantu anak tertarik untuk belajar terutama dalam hal membaca. Strategi pembelajaran pada anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan yaitu bermain sambil beajar.
Kata kunci : strategi pembelajaran, biMBA AIUEO, menyikapi hambatan belajar
Abstract
This study aims to determine the learning strategies used in non-formal early childhood education biMBA AIUEO Cilegon City. This research method is qualitative which is located in Pondok Cilegon Indah, Cilegon City. Data was collected by observing children's activities at BIMBA AIUEO, interviewing one of the teachers who taught at BIMBA AIUEO, and documenting children's learning activities. The results of this study provide information about the learning strategies used in BiMBA AIUEO Non-formal PAUD and find out how teachers respond to learning barriers in children. The results of interviews with AIUEO biMBA teachers show that learning strategies using the fun learning method can help children become interested in learning, especially in terms of reading. Learning strategies in early childhood must be done in a fun way, namely playing while learning.
Keywords: learning strategy, AIUEO biMBA, addressing learning barriers
Full Text:
PDFReferences
Layyinah, L. (n.d.). menciptakan pembelajaran fun learning pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran PAI . Retrieved from ejournal.upi.edu: https://ejournal.upi.edu/index.php/tarb awy/article/download/6987/4706
Rahmawati, d. (2021, april 15). Mengenal Fun Learning, Metode Belajar yang Menyenangkan untuk Anak. Retrieved desember 17, 2021, from sehatQ: https://www.sehatq.com/artikel/menge
Ridwan, M. A. ., Firdaus, F. F. ., Nugroho, M. R. ., Lestari, E. A. ., & Anugrah, D. . (2021). Pemberdayaan Guru Dan Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Usia Dini Dengan Metode Fun Learning . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(23), 151–169. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/300
Sani, R.A. (2019). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Thabroni, G. (2020, september 02). Metode Pembelajaran: Pengertian, Jenis & Macam (Menurut Para Ahli).
Retrieved from serupa.id: https://serupa.id/metode- pembelajaran-pengertian-jenis- macam-menurut-para-ahli/
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110