UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING ANAK HIPERAKTIF DI TK PKK TANJUNG PADEMAWU PAMEKASAN

Selfi Lailiyatul Iftitah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perilaku hiperaktif yang masih terdapat di Taman Kanak-kanak sehingga diperlukan tindakan guru dalam membimbing anak hiperaktif.  Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perilaku anak hiperaktif, upaya guru dalam membimbing anak hiperaktif dan kendala yang dihadapi dalam membimbing anak hiperaktif. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif mulai dari reduksi datam penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut ciri-ciri perilaku anak hiperaktif  meliputi tidak bisa diam, sering membuat ulah, tidak memperhatikan guru, sering mengganggu temannya dan perhatiannya mudah teralihkan. upaya yang dilakukan guru dalam membimbing anak hiperaktif adalah menghargai setiap usaha dan keberhasilan yang dicapai oleh anak, menggunakan metode pemberian tugas dan bermain. Kendala yang dialami oleh guru dalam membimbing anak hiperaktif adalah fokus perhatiannya  mudah teralihkan dan moodnya yang gampang sekali berubah


Full Text:

PDF

References


Alfianika, N. (2018). Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Badri, M. M. (2018). Sentuhan Jiwa Untuk Anak Kita. Daun Publishing.

Bunda, A. (2008). Anak Hiperaktif Butuh Bantuan.

Charles, C. M. (2008). Today’s Best Classroom Management Strategies:Path to Positive Discipline. Boston: Pearson/Ally Bacon.

Fadhli, A. (2010). Buku Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Green, Andrea L. and Rabiner, D. L. (2012). What Do We Really Know About ADHD In College Vol. 9, Issue 3, pp.559-568. Journal of Neurotherapeutics, 9(3), 559–568.

Irawati, I. (2009). Mengatasi Problem Anak Sehari-Hari. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Isnawati, R. (2020). Cara Kreatif dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian). Surabaya: CV. JAkad Media Publishing.

Izzaty, R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah dan Cara Menghadapinya. Jakarta: PT Elex Media Computindo.

Kristiningsih, Y. L. (2012). Penanganan Anak Hiperaktif Dengan Terapi Permainan Pada Anak Kelompok B di KB Mekar Asri Pagak, Sumberlawang, Sragen Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Latif, M. dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak UsiaDini. Jakarta: Kencana.

Latipun. (2008). Psikologi Konseling Edisi ketiga. UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Maharani, P. A., Wahono, & Aristiana, P. R. (2017). Peran Guru sebagai Pendamping pada Anak Hiperaktif Usia 3-4 Tahun di TK Rahayu. Pedagogi, 3(1), 7.

Putri, H.R & Christiana, E. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-A di TK Islam Al-Azhar 35 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 1(4), 274–284.

Rafael, Lisinus dan Patricia, S. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus(Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling). Yayasan Kita Menulis.

Roopnarine, JaiPaul L & Johnson, E. J. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Rosma. (2019). Penanganan Anak Hiperaktif Melalui Terapi Permainan Puzzle (Studi Kasus di TK Pratama Kids SukaBumi Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sagita, D. (2020). Intervensi Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan Hiperaktif (Studi Kasus di PAUD Miftahul Huda Tanjung Raja Lampung Utara). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Simatupang, D., & Ningrum, E. P. S. (2020). Studi Tentang Perilaku Hiperaktif dan Upaya Penanganan Anak di TK Pembina Tebing Tinggi. Pedagogi, 6(1), 37.

Telep. (2009). Discipline for Young Children. Virginia: Virginia State University.

Tentama, F. (2012). Memahami Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Republika.

Thompson, J. (2003). Tooddlercare:Pedoman Merawat Balita. Jakarta: Erlangga.

Walujo, J. A., & Listyowati, A. (2017). Kompendium PAUD:Memahami PAUD Secara Singkat. Depok: Prenadamedia Group.

Widyarini, M. M. N. (2009). Seri Psikologi Populer:Relasi Orang tua dan Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Zachor, H. and P. (2009). Treatment of Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADHD). Journal of Behavioral Sciences, 139–181.

Zain, S. B. D. & A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110