PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-6 TAHUN

Novi Nurlela, Widya Astuti, Zahrina Amelia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang video pembelajaran online yang digunakan dalam mengembangkan motorik kasar anak usia 4-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner hasil dari responden yang diteliti. Analisa data menggunakan analisis secara deskriptif. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 21 orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Bojong Menteng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang digunakan dalam  mengembangkan motorik kasar anak usia 4-6 tahun di Kelurahan Bojong Menteng yaitu masih belum maksimal dikarenakan dalam beberapa jenis motorik kasar, komponennya belum terpenuhi semua. Jenis lokomotor yang belum tercapai yaitu gerakan memanjat, jenis non-lokomotor yang belum tercapai yaitu gerakan melompat ditempat, menekuk, meregang, mendorong, memutar, menggeleng, mengangguk, membungkuk, dan mengayunkan tangan, dan jenis manipulatif yang belum tercapai yaitu gerakan memukul, memantulkan, memutar tali, dan menangkap objek. Peran orang tua sangat penting untuk memantau dan terus melatih perkembangan motorik kasar anak

Full Text:

 Subscribers Only

References


Andini, D. P., Marlinah, Nurchahyani, Apriyanti, S., & Yuliantina, I. (2021). Peningkatan motorik kasar melalui pembelajaran daring berbasis whats app. Efektor, 8(1), 89-97 DOI:https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15880

Bungsu, P., & Saridewi. (2021). Dampak pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 5(1), 11-20.

Farida, A. (2016). Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 2338-2163. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52

Fitri, A., & Ismet, S. (2019). Kegiatan pengembangan motorik kasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). DOI:https://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2517

Kurniawaty, L., Ristiani, I., Apriliani, S. R., Gustini, G., Sa'diyah, H. M., & Rosdiana, D. (2021). Penggunaan video pembelajaran bagi anak usia dini dalam pembelajaran daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1). DOI:https://dx.doi.org/10.30999/jpkm.v1i1.1295

Nadhira, S. (2020). Gambaran perkembangan motorik anak usia dini yang menggunakan gawai.

Putra, A. Y. (2020). Strategi pembelajaran motorik kasar pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal ilmiah tumbuh kembang, 5(4), 159-166.

DOI:https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-03

Soetjiningsih, C. H. (2018). Perkembangan anak. Depok: Prenadamedia group.

Sola, M. E., Oka, G. P., & Ngura, E. T. (2021). Pengembangan media video pembelajaran gerak dan tari kearifan lokal ngada untuk melatih kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di TKK ST. Skolastika Mataia. Jurnal Citra Pendidikan, 1, 99-114.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: PT Alfabet.

Taib, B., & Mahmudi, N. (2021). Analisis kompetensi guru paud dalam membuat media video pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3) 1799-1810. DOI:10.31004/obsesi.v6i3.1842




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110