PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH SELAMA COVID-19 PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KAMPUNG CIANYAR

Nabila NF

Abstract


Pandemi Covid-19 membawa dampak perubahan pada pelaksanaan pendidikan yang sedianya dilakukan secara tatap muka, disesuaikan melalui kegiatan Belajar dari rumah (BDR). Pelaksanaan BDR yang tidak direncanakan sebelumnya oleh pendidik, peserta didik dan orang tua mendatangkan berbagai tantangan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan dan tahapan pembelajaran dalam jaringan selama pandemic Covid-19 di kampong Cianyar Desa Ciuyah. Subjek penelitian ini adalah guru, orang tua dan anak usia 5-6 tahun berjumlah 25 orang. Data primer diperoleh melalui wawancara yang mendalam dengan subjek penelitian yang dilanjutkan dengan observasi dan dokumentasi sebagai proses awal analisis. Selanjutnya, dianalisis dengan mereduksi dan mengklsifikasikan data. Setiap analisis dinarasikan secara deskriptif dan disimpulkan sesuai dengan pertanyaan rumusan masalahnya. Berdasarkan hasil identifikasi, penerapan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19 di kampong Cianyar Desa Ciuyah dilakukan melaui tahapan tujuan, perencanaan, materi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran dalam jaringan menggunakan aplikasi WhatsApp, pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, teknik tampilan dan sharing ilmu. Dan yang terakhir tahapan evaluasi pembelajaran daring yang berisi penilaian terhadap hasil kegiatan anak yang dikirim melalui video dan foto.


Full Text:

PDF

References


Abdul, W.S. (2008). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang: Universitas Muhamadiyah.

Abdullah, S. (1987). Study Implementasi Latar Belakang Konsep Pendekatan dan Relevansinya dalam Pembangunan. Ujung Pandang: Persadi.

Ahmadi, A. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Arifa, F.N (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah. Info Singkat, 13-18.

Aziz, H.A. (2016). Karakter Guru Profesional. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Barnes, M., & Garth R, J. (2008). Upper Motor Neurone Syndrom and Spasticty 2nd ed New York. Jakarta: Kedokteran EGC.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, S. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djoehaeni. (2010). Komponen Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Tidak di terbitkan.

Fadlillah, M. dan Khorida, L.M. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fadillah, M., & KHorida, L. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartani, A. (2011). Managemen Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Hartati, S. (2015). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Imron, A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, E. (2008). Contextual Teaching Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Megawangi, R. (2007). Pendidikan Karakter, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation

Moleong, L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2.

Mulyasa. (2014). Managemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nailufar, N.N. (2018). Ada Tempat Sampah. Pengunjung Kota Tua Tetap Buang Sampah Sembarangan. Kompas. [Online]. Tersedia: http://megapolitan.kompas.com/read/2018/01/01/19195941/ada-tempat sampah-pengunjung-kota-tua-tetap-buang-sampah-sembarangan. [9 Februari 2018].

Nurhadi. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.

Nurmasyitah, M.S. (2017). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas Di Gugus Bungong Seulanga kecamatan Syiah Kuala kota Banda Aceh. [Online], Vol.2, No.1.

Qalamuna. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Agama. Vol. 12 No. 1.

Rahmasari, H.D. (2015). Proses Pembelajaran Anak Usia Dini.

Rusdinal. (2015). Pengelolaan Kelas di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Diknas.

Robert C.P, Karen M.L, Brook E.S. et al. (2006). The Teacher Belief Q-Sort: A measure of teachers' priorities in relation to disciplinary practices, teaching practices, and beliefs about children. [Online], Vol.44, No.2.

Sagala, S. (2013). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Jaya Cemerlang.

Sujiono, Y. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suprijono, A. (2010). Comparative Learning. Yogyakarta: Pustaka Media.

Suprihatinungrum, Jl. (2014). Guru profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sujiono, B. & Sujiono, Y.N. (2005). Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Suprihatinungrum, J. (2014). Guru profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Thobroni, M. (2015). Belajar & pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Thobroni, M., & Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

World Health Organization. (2020). https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public. -: -.

Wulandari, A. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta: Oke News.

Yuliana. (2020). Respirologi Indonesia. Wellness and Healty Magazine, 187-182

http://www.paudni.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2012/02/15.-Juknis-Penyelenggaraan-Pendidikan-Karakter.p

__________ (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

________(2003). Pendekatan Kontekstual (Contxtual Teaching And Learning). Jakarta: Depdiknas.

_________(2003). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) Dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

_______(2010). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Jaya Cemerlang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110