PENGEMBANGAN MEDIA STEKPAN UNTUK KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN

Sri Widayati, Nurhenti Dorlina Simatupang, Wulan Patria Saroinsong, Aryn Rusdiyanti

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui pengembangan produk, desain prototype dan keefektifan penggunaan video tutorial penggunaan media STEKPAN guna membantu orang tua anak usia 4-5 tahun untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Development atau pengembangan. Validasi produk dilakukan melalui google form dengan hasil bahwa media STEKPAN layak digunakan dan diproduksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada 50 responden yaitu orang tua anak usia 4-5 tahun melalui Google Form. Hasil dari penelitian ini berupa video tutorial penggunaan media STEKPAN yaitu Stik Es Krim Papan. Hasil feedback orang tua menyatakan bahwa media STEKPAN layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 untuk anak usia 4-5 tahun. Implikasi penelitian ini adalah pada aspek kebermanfaatan video tutorial penggunaan media STEKPAN yang positif, dimana orang tua memiliki pengetahuan tambahan bagaimana cara untuk menstimulus perkembangan kognitif anak melalui media STEKPAN.

 


Full Text:

PDF

References


Akdon & Riduwan. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Azhari, R. (2018). Pengembangan Media Komik Pengenalan Karir Siswa Kelas 4-5. Skripsi. Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya

Fauziddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai. Vol. 1, No. 1.

Fedriyenti. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak - Kanak Pembina Kec. Barangin Sawahlunto. Jurnal Paud. Universitas Negeri Padang.

Jannah, R. (2011). Membuat Anak Cinta Matematika dan Eksak Lainnya. Jogjakarta: Iva Press.

Lillard, A.S. (2013). Playful Learning and Montessori Education. Journal. American: American Journal of Play

Lestari, P.I. & Prima, E. (2019). Balinese Congklak Games, Maciwa, to Improve the Development of Symbolic Thinking in Early Childhood. Jurnal Obsesi, Vol 3. No.1.

Nurhayati & Kharizmi, M. (2020). Penggunaan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Tks Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur. .Jupegu–Aud : Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Vol.01, No.01

Nursalim, M. P. (2019). Mitos Di Media Sosial Terkait Pilpres 2019. PIKTORIAL: Journal of Humanities, 1(1), 1-14.

Parwati, dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Jurnal PAUD Undiksha.

Putra, Y.R. (2018). Pengembangan Aplikasi Small-Sided Games Under 12 Berbasis Android. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rasyid, I., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal Axiom. Vol. 7, No. 1

Sofnidar & Yuliana. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhariyanik. (2015). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Dalam Mengenal Bilangan 1-10 Menggunakan Media Stik Eskrim Warna Pada Anak Kelompok A Tk Kusuma Mulia Ii Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal PAUD. Universitas Nusantara PGRI.

Sulistyo, W.D., & Wiradimadja, A. (2019). Lesson Study (LS): Memahamkan “Masalah Penelitian” kepada mahasiswa. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 29-37. Jakarta.

Supardi. (2019). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Universitas Indraprasta PGRI.

Susani, N.K.K.P., dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Melalui Permainan Congklak Terhadap Perkembangan Berpikir Simbolik Anak.

Trisnawaty, I. K. A. P. & I. G. A. O. N. (2017). Bilangan Pada Anak Kelompok B Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5, No. 1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)

Umayah & Khotimah, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Congklak Pada Kelompok A. Jurnal PAUD. Universitas Negeri Surabaya.

Wahyudin., & Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Jupendas. Vol. 2, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110