BENTUK DUKUNGAN ORANG TUA PADA ANAK USIA DINI (AUD) SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (BDR)

Fathiya Shafa Rahmadina, Feby Shafa Rahmadina, Masni Erika Firmiana

Abstract


Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui gambaran dari bentuk dukungan orang tua terhadap Anak Usia Dini (AUD) selama Belajar Dari Rumah (BDR) saat masa pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan, AUD memerlukan pelayanan lebih dibandingkan dengan jenjang pendidikan lainnya, terlebih lagi dalam situasi pandemi saat ini. Untuk mendapatkan gambaran dari bentuk dukungan orang tua terhadap AUD selama BDR, metode yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan studi literatur. Dalam penelitian studi literatur ini, peneliti menggunakan sumber tertulis seperti artikel dan jurnal yang sesuai atau relevan dengan penelitian yang dilakukan. Temuan dari penelitian ini adalah dukungan dari orang tua pada AUD adalah dukungan instrumental, penghargaan, yang bentuknya berupa semangat, motivasi, perhatian, dan membantu anak dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah salah satu keberhasilan pembelajaran AUD dari rumah adalah dukungan dan keaktifan orang tua.

Full Text:

PDF

References


Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5 No. 2.

Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 2.

Amalia, A., & Sa'adah, N. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi. Vol. 13 No. 2..

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age. Vol. 4 No. 1.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih. Vol. 3 No. 1.

Fadlilah, A. N. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 1.

Fajri, R. I., Muhaemin, Robawi, J., Hasna, N., Mardiyah, Maniah, & Dewi, C. (2020). Pentingnya Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah di Era Revolusi 4.0 di Desa Rajagaluh Lor. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 5 No. 2.

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri'. Vol. 27 No. 2.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education). Vol. 4 No. 2..

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD. Vol. 7 No. 1.

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dimasa Pandemi Covid-10. Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. Vol. 2 No. 2.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. United States of America: Jay O'Callaghan.

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. 6 No. 3.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 3

Tabi'in, A. (2020). Problematika Stay At Home pada Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age. Vol. 4 No. 1.

WHO. (2020). WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

WHO. Coronavirus. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1

Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 2 No. 2

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 2.

Yusuf. (2020). STIT AL-KIFAYAH RIAU: Sumber Intelektual Negeri Serumpun. Retrieved from Partisipasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Selama Pembelajaran Daring: https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/partisipasi-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak-selama-pembelajaran-daring/




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110