POLA ASUH KELUARGA PEMULUNG DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI

Habibah Ainul Janah, Nila Fitria

Abstract


Pola asuh orangtua bagi pembentukan perilaku sosial anak usia dini di keluarga pemulung seharusnya diperhatikan dengan sangat baik, karena pola asuh merupakan tanggung jawab dari orangtua kepada seorang anak selama menjalankan dan mengasuh anak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Selama orangtua dari keluarga pemulung tersebut menjalankan pola asuh kepada anak- anak mereka, seharusnya orangtua melakukan sebuah interaksi. Interaksi tersebut digunakan dengan cara seperti: berbicara, bernyanyi, bercerita, dan bermain bersama antara orangtua kepada seorang anak. Interaksi sangat penting dilakukan karena akan berpengaruh kepada masa pertumbuhan dan perkembangan perilaku sosial anak usia dini terhadap lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola asuh orangtua dalam membentuk perilaku sosial pada seorang anak di lingkungan keluarga pemulung. Dalam penelitian yang menjadi subjek penelitian yaitu merupakan 3 keluarga pemulung yang terdiri dari 3 pasangan orangtua dan 3 orang anak yang berusia 4 sampai 5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data seperti: observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Serta juga menggunakan proses analisa data dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orangtua keluarga pemulung dalam kehidupan sehari-hari yaitu menggunakan pola asuh demokratis dan pola asuh otoriter.


Full Text:

PDF

References


Amalia. (2009). Hubungan antara pendidikan & perilaku hidup sehat dalam keluarga pemulung.

Baumrind. (2004). Pola asuh orangtua. Jakarta Baumrind. (2014). Pola asuh orangtua kepada

anak usia dini. Jakarta: Balai Cipta.

B.H.E. (2000). Psikologi perkembangan. PT. Gelora Aksara Pratama

B.H.E. (2005). Psikologi perkembangan anak. Jakarta.

Hurlock, E. (2010). Perkembangan anak usia dini. Jakarta.

Budi, A.E.S. (2013). Kendala-kendala yang dihadapi masyarakat miskin dalam mengakses pendidikan & pola asuh pada keluarga pemulung di Kelurahan Gunung Gullah.

Hurlock, E.B. (2010). Psikologi perkembangan suatu pendidikan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ansrenaz, M., Hearns, A.J., Ross, J. (2004). Pembelajaran perilaku sosial anak usia dini.

Twikrno, Argo. (2000). Kehidupan pemulung jalanan daerah Yogyakarta (Cet: 1, Yogyakarta: Media Presindo, 2000, halaman 275-260).

Lukman, M. (2000). Evaluasi pendidikan dan seminar pendidikan nasional. Lembaga Ilmu Pendidikan. Bogor.

Krisnawaty. (2010). Pola asuh orangtua. Artikel Pola Asuh Terhadap Anak Usia Dini.

Lukman, A-F. (2000). Upaya pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar negeri. Skripsi, Yogyakarta FKIP PGSD. UNY Yogyakarta.

Mahmud. (2003). Metode Penelitian Pendidikan & Pola Asuh. Bandung: CV Pustaka Setia.

Meleong L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meleong, L. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuryanti, L. (2010). Psikologi anak usia dini.

Thoha, M. (2002). Organisasi konsep dasar & aplikasi pola asuh. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Sarwono. (2002). Teori psikologi sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2005). Metode penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif, serta riset R &D. Bandung: PT. Alfabeta.

Wardoesoejono. (2002). Pendidikan perilaku sosial dalam keluarga pemulung. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110