PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI

Fitria Puji Astuti, Suwardi Suwardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap orangtua serta persepsi orangtua terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia dini. Penelitian dilakukan pada orangtua yang tinggal di bantaran sungai Ciliwung Kebon Baru, Tebet. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket. Validitas dan Reliabilitas dilakukan untuk menguji data dan dilanjutkan dengan pengumpulan data penelitian menggunakan butir data yang valid. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan uji korelasional sehingga dapat diketahui pengetahuan dan sikap orangtua terhadap perilaku hidup bersih pada anak usia dini dan persepsi orangtua terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia dini di bantaran sungai Ciliwung, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil perhitungan kategori kecenderungan skor, perilaku hidup bersih pada anak yang meliputi kebersihan kulit, tangan, rambut, gigi, kaki dan kuku berada dalam kategori sedang sebesar 40%. Hal ini menggambarkan bahwa orangtua sudah sadar untuk membiasakan hidup bersih pada anak-anaknya. Sedangkan hasil perhitungan kategori kecenderungan skor persepsi orangtua terhadap perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini berada dalam kategori sedang sebesar 40%. Hal ini menggambarkan bahwa persepsi orangtua terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia dini sudah baik, tetapi peneliti menemukan skor yang cenderung rendah dalam indikator kebersihan diri anak, hal ini menunjukkan bahwa pendapat orangtua terhadap kebersihan diri anak masih belum baik

Full Text:

PDF

References


Allen, K. E., Marotz, D., Lynn, R. (2010). Profil perkembangan anak prakelahiran hingga usia 12 tahun. Jakarta: Indeks.

Anis, M.. (2009). Sukses mendidik anak perspektif Al-Quran dan Hadis. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Azwar, S. (2014). Penyusunan skala psikologi: Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Beaty, J.J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Borba, M. 2008. Membangun kecerdasan moral (tujuh kebajikan utama agar anak bermoral tinggi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Kesehatan RI. (2011). Pedoman pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. (2014). Booklet perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) di rumah tangga. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2004). Sosialisasi pendidikan anak usia dini, apa, mengapa, dan siapa yang bertanggung jawab terhadap program pendidikan anak usia dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenral Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendidikan Nasional.

Feldman, R.S. (2012). Pengantar psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Hainstock, E. (1999). Metode pengajaran montessori untuk anak prasekolah. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Hasan, I. (2006). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

National Association for The Education of Young Children. Diakses pada tanggal 2 maret 2016. http://www.naeyc.org.

Http://www.nationalgeographic.co.id. Diakses pada tangga 2 maret 2016.

Jariston. (2009). Pengetahuan, sikap dan tindakan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) anak-anak di yayasan panti asuhan rapha-el simalingkar. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat USU Medan.

Juliarti. (2014). Implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) Pada Sekolah Dasar YPPK St. Maria Fatima Kelapa. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat UH Makassar.

Kartini, K. (1990). Psikologi anak. Bandung: Mandar.

Khadijah, S. (2008). Pengetahuan sikap dan tindakan tentang sanitasi perumahan msyarakat suku laut di kecamatan lingga kabupaten lingga kepulauan riau. Skripsi: FKM USU, Medan.

Mansur. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miftah, T. (2003). Perilaku organisasi konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Notoatmodjo, S., dkk. (1985). Pengantar ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Badan Penerbit Kesehatan Masyarakat, FKM UI.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. (2014). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Penney, U. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Rahmat, J. (2007). Persepsi dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahmawati, E. (2008). Analisis kebutuhan program promosi pencegahan diare pada ana berusia dibawah dua tahun. Journal Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S.W. (2012). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sofia, H. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdikbud.

Sujiono, Y.N., dkk. (2004). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: UT

Sujiono, Y.N. (2012). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.

Suprian. (2005). Evaluasi pendidikan. Bandung: UPI.

Sutirna. (2013). Perkembangan & pertumbuhan peserta didik. Yogyakarta: Penerbit Andi

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110