KEGIATAN SENTRA OLAH TUBUH DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK

Afifah Hanum, Rohita Rohita

Abstract


Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang mencakup keterampilan otot-otot besar, gerakan ini lebih menuntut kekuatan fisik dan keseimbangan. Gerakan motorik kasar melibatkan aktivitas otot tangan, kaki,dan seluruh tubuh anak.Tujuan pengembangan motorik pada anak usia dini yaitu membantu meningkatkan keterampilan fisik motorik anak dalam melatih gerakan motorik kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola dan mengontrol gerakan tubuh, serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan kuat. Oleh karena itu, keterampilan motorik kasar sangat penting untuk dikembangkan pada anak sejak usia dini untuk persiapan kehidupan di masa dewasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan sentra olah tubuh di TK Islam Al Azhar 45 Grand Depok City. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 1orang guru dan 12 anak-anak kelompok A3 di sentra olah tubuh Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 45 Grand Depok City. Hasil dari penelitian ini adalah stimulasi Kemampuan Motorik Kasar melalui pembelajaran sentra olah tubuh di Taman Kanak-Kanak Islam Al Azhar 45 Grand Depok City sudah cukup baik. Hal tersebut dapat tercapai karena terlihat dari 10 dari 12 orang anak mampu mengikuti kegiatan motorik kasar di sentra olah tubuh  tanpa bantuan orang lain.

Full Text:

PDF

References


Bambang, Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas

Bety, Janie J. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. (Alih Bahasa: Arif Rakhman). Jakarta: Kencana.

Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press

Depdiknas. (2009). Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Center and Circle Time (BCCT)”. Jakarta: Direktorat PAUD, Ditjen PNFI.

Gallahue, David L. & John C. Ozmun. (2006). Understanding Motor Development: Invant, Children, Adolescent, Adults. New York: McGrawHill.

Hasan, Maimunah. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.

Allen, K.E., Marotz, L.R.. (2010). Profil perkembangan anak: prakelahiran hingga usia 12 tahun. Jakarta: Indeks.

Samsudin. (2007). Pembelajaran motorik di taman kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sujiono, Y.N. (2011). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Sukamti, E.R. (2007). Perkembangan motorik. Yogyakarta: UNY.

Toho, C.M., Gustaf. (2004). Perkembangan motorik pada masa anak-anak. Jakarta: Proyek Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Olahraga, Dirjen Olahraga.

Universitas Al Azhar Indonesia. (2011). Pedoman penulisan skripsi Universitas Al Azhar Indonesia. Jakarta: UAI.

Sujiono, Y.N. (2011). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Pengertian Olah Tubuh : https://teaterku.wordpress.com/2010/03/20/pengetahuan-olah-tubuh/ Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110