MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF

Indah Rinukti Prabandari, Fidesrinur Fidesrinur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama anak, khususnya usia 5-6 tahun. Kemampuan berjasama merupakan hal penting untuk anak karena kemampuan bekerjasama dapat menjadi bekal anak untuk hidup di dalam masyarakat. Kemampuan bekerjasama rendah karena rata-rata di tiap sekolah kurang memperkenalkan bermain secara kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama melalui metode bermain kooperatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan tempat penelitian ini berlokasi di PAUD Ceria, Cikarang Baru. Subjek penelitian terdiri dari 8 anak kelompok B. Hasil penelitian siklus pertama dan siklus kedua sebanyak 33 %. Pada kegiatan anak mau membuat secara bersama-sama sebesar 29%; pada kegiatan anak tidak memilih-milih teman, sebesar 46%; pada kegiatan anak mau berbagi, bergantian, mengoper secara bersama-sama, sebesar 38%; pada kegiatan anak mau menghargai guru dalam menjelaskan cara dan peraturan, sebesar 38%; pada kegiatan anak mampu untuk bersabar, sebesar 54%; pada kegiatan anak mengambil balok, tidak melepas tangan, tidak memindahkan, sesuai peraturan, sebesar 38%; pada kegiatan anak tidak menjatuhkan balok temannya, keluar dari lingkaran, tidak menjatuhkan karet temannya, sebesar 42%; pada kegiatan anak melakukan kegiatan dengan tuntas, sebesar 33%; pada kegiatan anak menempatkan balok, dan membuang sampah ke tempatnya, sebesar 12%.  Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bermain kooperatif dapat meningkatkan kerjasama anak.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawati, L. (2008). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini secara Islami. Jakarta: STIT Insida.

Haenilah, E.Y. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD. Media Akademi: Yogyakarta.

Huda, M. (2015). Peneltian tindakan kelas teori dan praktik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Julia, J. (2017). Pendidikan musik: permasalahan dan pembelajarannya. Sumedang. UPI Sumedang Press.

Nasution, S. (2010). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rasyid, H., dkk. (2009). Asesmen perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Slavin, R.E. Cooperative learning. Bandung. Nusa Media.

Sugiharyanto. (2007). Geografi dan sosiologi. Semarang. Yudhistira.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta. Hikayat Publishing.

Thobron, M. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110