PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING DI RAUDHATUL ATHFAL PERMATA ASSHOLIHIN

Endah Febyaningsih, Nurfadilah Nurfadilah

Abstract


Program parenting merupakan suatu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menyelaraskan pengasuhan dan pendidikan anak di sekolah dan di rumah. Program parenting penting didapatkan orang tua guna menambah pengetahuan terkait pengasuhan yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan proses pelaksanaan program parenting dimulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan triangulasi teknik. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 guru, dan 2 orang tua murid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terkait proses pelaksanaan progam parenting terdiri dari: 1. Persiapan membuat perencanan program yang dibuat oleh kepala sekolah dan guru, membentuk kepanitiaan. 2. Pelaksanaan program parenting yang dilaksanakan yaitu seminar, hari konsultasi orang tua, field trip, pertemuan rutin sebulan sekali (parenting), parenting melalui aplikasi grup whatsapp diadakan sebulan sekali; 3. Evaluasi dilakukan melalui percakapan antara kepala sekolah, guru dan orang tua yang membahas mengenai narasumber, materi serta pelaksanaan kegiatan.

Full Text:

PDF

References


Brooks, J. (2011). The process of parenting. Edisi ke delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. (2012). Model pelaksanaan program pendidikan keorangtuaan di lembaga pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2012). Pedoman penyelenggaraan pendidikan anakusia dini berbasis keluarga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gunawan, I. (2012). Metode penelitian kualitatif: teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

George S.M. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Edisi Kelima. Jakarta: PT Indeks.

Islamica, A. (2013). Raudhatul Athfal: urgensi dan pengaruhnya dalam pertumbuhanan anak usia dini (urgensi dalam pertumbuhan anak usia dini). Kandidat doktor Pendidikan Islam. Vol. 2 No. 1.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Petunjuk teknis pelibatan keluarga pada penyelenggaraan anak usia dini. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Sahabat keluarga. Jakarta.

Moleong, L.J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Latif, M., dkk. (2014). Orientasi baru pendidikan anak usia dini teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110