MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING

Siti Riskayanti, Suwardi Suwardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak Kelompok A TK Negeri Latihan II. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Negeri Latihan II yang berjumlah 19 anak terdiri dari 8 anak perempuan dan 11 anak laki-laki dengan rentang usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Penilaian kemampuan menulis permulaan anak dilihat dengan indikator kemampuan menulis huruf-huruf yang dicontohkan dengan cara meniru dengan kriteria Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkambang Sangat Baik (BSB). Anak dinyatakan mampu menulis permulaan jika telah mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui kegiatan finger painting yang dilakukan selama 3 siklus dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak. Pada Siklus III kriteria Belum Berkembang (BB) sebesar 0%; kriteria Mulai Berkembang (MB) sebesar 12.28%; dan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 33.33%. Sementara kriteria Berkembang SangatBaik (BSB) mengalami peningkatan sebesar 54.39%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2007). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z. (2009). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.

Ekawarna, (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Moeslichatoen, R. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. (2009). Mengembangkan bakat dan kreatifitas anak sekolah. Jakarta: Gramedia.

Nurbaiti, A. (2011). Pengaruh latihan menggambar terhadap kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun. Skripsi Program Studi PAUD UAI. Tidak Diterbitkan.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang standar pendidikan anak usia dini.

Sanytiasa, B.R. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui bermain play dough. Skripsi Program Studi PAUD UAI. Tidak Diterbitkan.

Seefeldt, C.B., Wasik A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, lima tahun masuk sekolah. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110