PENGARUH PENGETAHUAN PARENTING TERHADAP KETERLIBATAN ORANGTUA DI LEMBAGA PAUD

Nhimas Galuh Adriana, Zirmansyah Zirmansyah

Abstract


 Keterlibatan orangtua merupakan salah satu bentuk partisipasi orangtua dalam pendidikan dan kehidupan anak. Keterlibatan orangtua penting untuk membantu tumbuh kembang anak, karena orang tua adalah pendidik utama bagi anak. Faktor yang dapat mempengaruhi keterlibatan orangtua diantaranya adalah pengetahuan parenting. Pengetahuan parenting adalah kemampuan mengenai cara menumbuhkembangkan dan mendidik anak melalui interaksi antara anak dan orangtua. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan data tentang pengaruh Pengetahuan Parenting terhadap Keterlibatan Orangtua di lembaga PAUD. Metode yang digunakan adalah kuantitaif dengan teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini menggunakan SPSS 21 untuk menganalisis data yang telah diperoleh, dengan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah 30 orangtua dari peserta didik PAUD Hubbul Wathon dan PAUD Nusa Indah Bendungan Hilir Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara Pengetahuan Parenting terhadap Keterlibatan Orangtua. Hal ini ditunjukkan dari hasil rxy= 0,371. Nilai R square, yang dapat disebut koefisien determinasi, yaitu 0,138 sehingga besaran pengaruh yang dihasilkan sebesar 13,8% sedangkan sisanya yaitu 86,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun saran yang dapat diberikan adalah hendaknya setiap orangtua dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai parenting agar proses interaksi antara orangtua dan anak dalam menumbuhkembangkan dan mendidik dapat diberikan secara optimal. Dengan pengetahuan parenting yang dimiliki pula, orangtua dapat meningkatkan keterlibatannya dengan pihak lembaga PAUD untuk mendukung tumbuh kembang anak.

 


Full Text:

PDF

References


Dikbud. (2016). Kemitraan satuan pendidikan anak usia dini (paud) dengan keluarga dan masyarakat. Jakarta: Dikbud.

Hidayati, Z. (2010). Anak Saya tidak nakal kok. Yogyakarta: B First.

Jannah, R. (2012). Pola parenting pada paud –tk pelindo dan paud –tk sabilal muthadin kota banjarmasin. Jurnal Ta’alim Muta’allim. Banjarmasin: Vol 4, No7, hal. 22.

Permendikbud No. 146 Tahun 2013 tentang prinsip pendidikan anak usia dini.

Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Retnaningtya, M.S., Paramitha, P.P. (2015). Keterlibatan oarang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria: Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol 4, No 1, hal. 11-12.

Amini, M. (2015). Profil keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia TK. Tangerang Selatan. Vol.10 No. 9.

Nurhadi, M. (2012). Pendidikan kedewasaan dalam perspektif islam. Yogyakarta: Deepublish.

Diandha, R. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak kanak. Riau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol 2, No 1 hal. 6

Zaenab, S., Syahbudin. (2012). Profesionalisme guru paud menuju NTB bersaing. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110