PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURUTERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL TANGERANG

Nisa Tsabitah, Nila Fitria

Abstract


Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan yang dimiliki oleh guru sesuai dengan standar kompetensi profesional sedangkan kualitas pembelajaran adalah terpenuhinya kriteria dalam pelaksanaan pembelajaran. Kompetensi profesional guru merupakan salah satu hal yang membuat pembelajaran dapat berkualitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kualitas pembelajaran di RA Kecamatan Ciledug.Penelitian ini menggunakan metode survei dan sampel penelitian ini adalah 30 guru RA kelas TK A dan B tahun ajaran 2016/2017, yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling.Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan angket/ kuesioner tertutup dengan menggunakan alat ukur skala likert, jenis data interval.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Product moment dengan program software SPSS versi 21,0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran di RA Kecamatan Ciledug Kota Tangerang: hipotesis dapat diterima dimana “Terdapat Pengaruh signifikan pada Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran di RA Kecamatan Ciledug Kota Tangerang dengan besaran pengaruh sebesar 49,3%.”

Full Text:

PDF

References


Budiharto. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan (Dengan Contoh Bidang Ilmu Kesehatan). Jakarta: EGC. Diakses dari E-Book https://books.google.co.id/books?id=KM5oXuXCkC&pg=PA29&dq=metodologi+penelitian+survei&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi8m7yUlNrVAhWCzLwKHTAvA7MQ6AEIJjAA#v=onepage&q=metodologi%20penelitian%20survei&f=false

Emzir. (2012). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Hakiim, L. (2009). Perencanaan pembelajaran. Bandung: CV Wacana prima.

Mulyasa. (2009). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. (2015). Redesain pendidikan guru: teori, kebijakan, dan praktik. Jakarta: Prenada media Group.

Muslich, M., Maryaeni. (2009). Bagaimana menulis skripsi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurdin, S., Usman, B. (2002). Guru professional dan implementasi kurikulum. Jakarta: Ciputat pers.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Permendikbud No.137 tahun 2014 tentang standar pendidikan anak usia dini.

Rohman, M., Amri, S. (2013). Strategi dan desain pengembangan system pembelajaran. Jakarta: Prestasi pustaka.

Rozak, A. (2010). pengembangan profesi guru. Jakarta: FITK UIN.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N., Rivai, A. (2001). Media pengajaran. Bandung: CV. Sinar. Baru.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Trianto. (2011). Pengantar penelitian pendidikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Prenada media.

Uce, Loeziana. The golden age: masa efektif merancang kualitas anak. Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Hal 78 -79 di akses ambil dari https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiL_qGJup7VAhXLFJQKHbxFCXUQFggiMAA&url=http%3A%2F%2Fjurnal.arraniry.ac.id%2Findex.php%2Fbunayya%2Farticle%2Fdownload%2F1322%2F982&usg=AFQjCNGMWbHE3jPslxFuGXhZ8vQek2At8w pada tanggal 23 Agustus 2017.

Uno, H.B. (2010). Model pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

Uno, H.B. (2010). Perencanaan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahyuni, M., Yuliantina, I., Ritayanti, U. (2015). Penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran pendidikan anak usia dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110