Pengaruh Media Flash Card Dalam Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Inggris Dasar Untuk Anak Usia Dini

Hajijah Adelina Ritonga(1), Khadijah Khadijah(2),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pencapaian kemampuan kosakata Bahasa Inggris untuk anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun merupakan aspek penting dalam konteks globalisasi yang semakin meluas. Bahasa tidak hanya berfungsi sebagai alat berkomunikasi, tetapi juga berperan penting dalam perkembangan cara berpikir, menjalin hubungan sosial, dan memahami lingkungan sekitar. Bahasa Inggris, sebagai bahasa umum dalam interaksi internasional dan budaya, merupakan kemampuan yang sebaiknya diperkenalkan sedari dini. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah kartu flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan kartu flash terhadap pengembangan kosakata dasar Bahasa Inggris pada anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental, mengaplikasikan desain pretest-posttest dua kelompok. Sampel dalam penelitian melibatkan 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Data dikumpulkan melalui berbagai metode seperti tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji homogenitas, uji normalitas, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan. Hasil pengujian memperoleh tingkat signifikansi sebesar 0.00 (p < 0.05), yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan kartu flash terhadap keterampilan kosakata dasar Bahasa Inggris anak. Sebelum intervensi, rata-rata keterampilan kosakata anak tercatat pada angka 8.7; setelah intervensi, rata-rata skor meningkat menjadi 22.4. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu flash memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kosakata dasar Bahasa Inggris anak-anak di Yayasan Pendidikan RA Al Wardah


Full Text:

PDF

References


Adolph, R. (2016). Tafsir Penguasaan Bahasa. 12, 1–23.

Arumsari, A. D., Arifin, B., & Rusnalasari, Z. D. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Kec Sukolilo Surabaya. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 133. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3575

Erna Marlia Susfenti. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 8, 33–44.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Harjunawati. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Kelompok B1 Di Tk Hang Tuah-3 Surabaya. 7(1), 490–497.

Hidayah, U. K., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Teori Pemerolehan Bahasa Nativisme LAD. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 177–188. https://doi.org/10.32528/bb.v6i2.5539

Hidayati, N. N. (2017). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini dengan Kartu Bergambar. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 67–86. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.6

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak usia Dini.

Lindawati, N. P. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40

Maulidah, T. (2020). Pemanfaatan media flash card dalam meningkatkan kemampuan keterampilan membaca pada pelajaran bahasa indonesia. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 25–32.

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Amanah, F. P. (2017). Teori Krashen Sebagai Solusi Pemecahan Masalah Kemampuan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia: Jurnal CLLT(pp. 479-484)

Riadoh, L. (2024). Penggunaan Media Flash Crad Dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. 2(4).

Setiyawan, R., Nasrullah, D., & Efendi, J. F. (2020). Jejak langkah : perjalanan rektor UM Surabaya dari masa ke masa.

Sudarma, T. F., Novitasari, Y., & Reswita, R. (2023). Analisis Penguasaan Kosakata (Vocabulary) Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Gifted: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.37985/gifted.v1i1.1

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D.

Warda, Y., & Kumalasari, I. (2023). Penggunaan Media Flashcard Untuk Mengenalkan Kosakata Dasar Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi PAI., 7(2), 516–522. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/17134

Fasha, A. K., Na’imah, N., & Suyadi, S. (2023). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Kids Garden Al-Mabrur Bandung. Jurnal Usia Dini, 9(3), 391.

Hasim, E. (2018). Perkembangan bahasa anak. Pedagogika, 9(2), 195-206.

Saragih, D. K. (2022). Dampak Perkembangan Bahasa Asing terhadap Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2569-2577.

Hidayati, N. N. (2018). Pentingnya peningkatan kompetensi Bahasa Inggris bagi guru anak usia dini. Al Hikmah Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 59-74.

Okfia, W., & Jaya, I. (2021). Konstruktivis teori dalam pengenalan kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan flashcard di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 163-171.

Novitasari, Y., Prastyo, D., Reswari, A., & Iftitah, S. L. (2023). Kemampuan bahasa inggris awal pada periode linguistik anak usia dini. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 7(5), 5343-5350.

Triyanto, D., & Astuti, R. Y. (2021). Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Desa Purwoasri, 28 Metro Utara. SETARA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 3(2), 45-55.

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439-448.

Zalmansyah, A., Tria, S., & Muhammad, F. (2023). Pemerolehan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Mlangun: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 20(2),(31–46), 127–142. https://jurnalmlangun.kemdikbud.go.id/ojs2022/index.php/mlangun/article/view/91




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v8i1.4371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110