Strategi Penanaman Nilai Berbagi Dan Jujur Sejak Usia Dini
Abstract
Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam pembentukan kepribadian anak sejak usia dini. Nilai berbagi dan jujur merupakan dua komponen utama karakter prososial yang perlu ditanamkan secara sistematis sejak masa prasekolah. Studi ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang relevan dalam pembelajaran nilai berbagi dan jujur sejak usia dini. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah hasil-hasil penelitian bereputasi dari jurnal nasional dan internasional. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari artikel-artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal bereputasi, terutama yang terindeks Scopus, Google Scholar, dan DOAJ, serta buku-buku acuan pendidikan anak usia dini. Artikel yang dikaji adalah publikasi yang terbit antara tahun 2018 - 2025, dengan fokus pada topik pengembangan karakter anak, nilai berbagi, kejujuran, serta strategi pembelajaran yang relevan. Data dianalisis dengan cara membandingkan temuan antar studi, mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan, serta menyoroti kontribusi masing-masing studi terhadap pemahaman nilai berbagi dan jujur di usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi seperti storytelling, role-playing, pretend play, serta penggunaan media visual dan kegiatan berbasis proyek terbukti efektif dalam menanamkan nilai berbagi dan jujur pada anak usia dini. Efektivitas strategi tersebut meningkat bila disertai pendekatan yang menyenangkan, konsisten, dan kontekstual sesuai dengan pengalaman hidup anak. Kesimpulannya, strategi penanaman nilai berbagi dan jujur sejak usia dini yang efektif dilakukan melalui kegiatan yang menyenangkan dan sesuai perkembangan anak, seperti storytelling, role-play, pretend play, serta integrasi dalam kegiatan bermain sehari-hari
Full Text:
PDFReferences
Agus, M. (2025). Implementasi Akhlakul Karimah Melalui Outbound Di Sekolah Alam Lampung (Studi di Sekolah Alam Al-Karim Lampung dan Sekolah Alam Lampung). Doctoral dissertation. UIN Raden Intan Lampung.
Agustina, R., & Suryadi, S. (2023). Implementasi Dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 54-62. Retrieved from https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/197
Amany, A., & Fadillah, A. N. (2023). Upaya Pembentukan Prilaku Berbagi Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Storytelling Pada Kelompok B Di Raudhatul Athfal Al-Ittihad. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Anaking), 2(1), 168-175. https://journal.stai-musaddadiyah.ac.id/index.php/ja/article/view/566
Aprily, N. M., Purwanti, S. A., & Prehanto, A. (2022). Pola Asuh Demokratis terhadap Karakter Jujur Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 6(1), 129-134. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.51358
Belacchi, C., Molina, P., Businaro, N., & Farina, E. (2022). Socio-Emotional Skills In Relation To Aggressive And Prosocial Behaviors: From Early Childhood To Adolescence. Frontiers in psychology, 13. DOI:10.3389/fpsyg.2022.1055948
Brownell, C. A., Svetlova, M., Anderson, R., Nichols, S. R., & Drummond, J. (2013). Socialization Of Early Prosocial Behavior: Parents’ Talk About Emotions Is Associated With Sharing And Helping In Toddlers. Infancy, 18(1), 91-119. https://doi.org/10.1111/j.1532-7078.2012.00125.x
Budiarti, E., Lesmana, D. E., Annisa, N., Santy, H., & Rulita, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sikap Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Cerita Sejarah Islam. Journal Analytica Islamica, 11(2), 365-380. http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i2.13914
Febrianti, D., Kamal, M., Junaidi, J., & Arif, M. (2023). Upaya Guru Kelas dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Jujur Melalui Metode Bercerita di TK Kemala Bhayangkari Muara Bungo. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 62-69.
Febriani, H., Mashudi, E. A., & Tewari, V. (2023). The Importance Of The Roles Of Parents And Teachers In Cultivating Honesty In Early Childhood Characters. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 2(2), 71-79. https://dx.doi.org/10.31958/ijecer.v2i2.11499
Fikri, A. N., Jazariyah, & Andri Hardiyana. (2024). Role Play In Market Day For Stimulation Early Childhood Social Emotional. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 5(01), 353–360. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2024.5.01.353-360
Grueneisen, S., & Warneken, F. (2022). The Development Of Prosocial Behavior—From Sympathy To Strategy. Current Opinion In Psychology, 43, 323-328. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2021.08.005
Ha, N.T.N., Tham, M. & Hurley, P. (2024). Process Quality in Early Childhood Education and Care in Australia: A Systematic Literature Review. Early Childhood Educ J. https://doi.org/10.1007/s10643-024-01735-4
Iftitah, S. L., Prastyo, D., Hasanah, W., & Irayana, I. (2025). Strategi Penanaman Nilai Kedermawanan Melalui Pembiasaan Makan Bersama. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 10(2), 135–146. https://doi.org/10.18592/jea.v10i2.15027
Istikomah, E. Y., Bawono, Y., & Wibowo, W. P. (2025). Shaping Prosocial Behavior in Kindergarten Children Through Bedtime Storytelling. Nak-Kanak: Journal of Child Research, 2(2), 45-52. https://doi.org/10.21107/njcr.v2i2.150
Istiyani, D., Wibowo, A. M., Taruna, M. M., Rahmawati, T., & Atmanto, N. E. (2024). Challenges and Opportunities in Early Childhood Religious and Moral Education: A Perspective from the Evaluation of Logical Models. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 233-249. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i2.4843
Jannah, R., Mulyanti, F., & Bayan, R. P. (2023). Improving The Child’s Moral Development through The Storytelling Method on Children 5–6 Years Old. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(2), 48-62. DOI: 10.31958/ijecer.v1i2.6923
Karmawan & Lestari, D. P. (2021). Program Pembelajaran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Di PAUD. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 250-262. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9651
Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran orang tua dalam mengembangkan perilaku berbagi dan menolong pada anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33-42.
Khalil, A., Thakur. I., & Sultana. N. (2024). Remittances Review Assessing the Impact of Early Moral Education on Ethical Decision-Making in Children. Remittances Review, 9(2), 5895-5907. http://dx.doi.org/10.33282/rr.vx9i2.305
Kotaman, H., & Aslan, M. (2024). Young Children’s Trust And Sharing Decisions. ICEP, 18(3). https://doi.org/10.1186/s40723-024-00128-9
Kurnia, D. S., Sastromiharjo, A., Mulyati, Y., & Damaianti, V. (2021). Model Pengembangan Cerita Untuk Penguatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 87-100. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v4i2.5965
Lahiya, A., Hasini, L., Mamonto, T., Mamonto, M. F., & Mokodenseho, S. (2022). Improving Early Childhood Social-Emotional Intelligence through Role-Playing Methods In Group B. Bulletin of Early Childhood, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.51278/bec.v1i2.643
Latifah, A., Sari, M. E., & Anggereni, D. T. (2024). Pembentukan Karakter Anak pada Perkembangan Sosial Emosional dengan Menanamkan Keberanian, Kejujuran dan Kepedulian di PAUD Cerdas Desa S. Kertosari. Tazkirah, 5(1), 88-96. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v7i1.496
Lee, K., Talwar, V., McCarthy, A., Ross, I., Evans, A., & Arruda, C. (2014). Can Classic Moral Stories Promote Honesty in Children? Psychological Science, 25(8), 1630-1636. https://doi.org/10.1177/0956797614536401
Lizhardy, R. A. U. (2021). Differences in the Effectiveness of Storytelling Using Role Playing and Hand Puppet Methods to Increase Knowledge of Early Childhood Prosocial Behavior, Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1). https://doi.org/10.21070/iiucp.v1i1.627
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11-28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172
Nuraeni, N. (2020). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 3(2), 65-73. https://doi.org/10.33394/jp.v3i2.3039
Pujianti, Y., Rosa, A. T. R., Nuryati, E., & Aminah, S. (2025). How Do Early Childhood Children Understand Religious Values Education? Bagaimana Anak Usia Dini Memahami Pendidikan Nilai-Nilai Agama?. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 359-375. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1603
Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2019). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96-105.
Sai, Y., Zheng, M., Tang, Y., Sai, L., & Liu, X. (2025). Moral Stories Can Promote Honesty in Chinese Young Children. Behavioral Sciences, 15(6), 733. https://doi.org/10.3390/bs15060733
Sari, M. I. T., Hapidin, H., & Nurani, Y. (2018). Improving Early Childhood Prosocial Behavior through Activity Storytelling with Puppets. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 155–161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75
Smits-van der Nat, M., van der Wilt, F., Meeter, M. (2024). The Value of Pretend Play for Social Competence in Early Childhood: A Meta-analysis. Educ Psychol Rev 36, 46. https://doi.org/10.1007/s10648-024-09884-z
Solichah, N., Basori, M. A., & Wafa, N. S. I. A. (2023). Storytelling for Prosocial Behavior in Young Children: Scoping Review. In Proceedings of the Second Conference on Psychology and Flourishing Humanity (PFH 2023), 808(194). http://dx.doi.org/10.2991/978-2-38476-188-3_21
Song, Y., Broekhuizen, M. L., & Dubas, J. S. (2020). Happy Little Benefactor: Prosocial Behaviors Promote Happiness In Young Children From Two Cultures. Frontiers in psychology, 11, 1398. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01398
Sulastri, S., & Slamet, S. (2023). Strategy to Grow Children’s Honesty Characters through The Media of Islamic Animated Films at PAUD Firdaus Karanganyar. Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 878-883. https://doi.org/10.23917/iseth.4044
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.
Talwar, V., Yachison, S., & Leduc, K. (2016). Promoting honesty: The Influence Of Stories On Children’s Lie‐Telling Behaviours And Moral Understanding. Infant and Child Development, 25(6), 484-501. http://dx.doi.org/10.1002/icd.1949
Volodina, A. (2023). Home Learning Environment And Out-Of-Home Activities: Their Relations To Prosocial Behaviour And Peer Relationships In Primary School Children. Current Psychology, 42(27), 23619-23633. http://dx.doi.org/10.1007/s12144-022-03410-6
Xie, D., Pei, M., & Su, Y. (2019). Favoring My Playmate Seems Fair: Inhibitory Control And Theory Of Mind In Preschoolers’ Self-Disadvantaging Behaviors. Journal of Experimental Child Psychology, 184, 158-173. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2019.03.004
Yenti , S., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD): Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9814–9819. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2238
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v8i1.4366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110