Meningkatkan Kemandirian Anak Menggunakan Metode Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts

Pascalian Hadi Pradana(1), Ismiati Ismiati(2), A. Zulkarnain Ali(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ditemukan beberapa permasalahan di lapangan diantaranya: 1) kurangnya rasa percaya diri, 2) kurangnya tanggung jawab, anak cenderung sering menyatakan tidak mampu atau tidak mau mengerjakan tugas, dan 3) tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini melalui penerapan metode pembelajarain STEAM berbasis loose parts. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa foto anak yang sedang menyusun loose parts dan observasi anak saat membuat mosaik dan kolase dari loose parts dengan bahan alam. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran STEAM berbasis loose parts dengan menggunakan bahan alam dapat meningkatkan kemandirian anak. Penggunaan metode tersebut terbukti efektif, terlihat dari peningkatan jumlah anak pada saat pra siklus belum ditemukan anak yang mencapai kategori BSB, kemudian meningkat sebanyak 5 dari 11 anak pada siklus I dan bertambah lagi menjadi 9 anak pada siklus II. Maka kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa metode pembelajaran STEAM berbasis loose parts dapat meningkatkan kemandirian anak usia dini. Guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan loose parts secara kreatif, sementara lembaga PAUD dan orang tua didorong untuk menyediakan fasilitas dan dukungan yang memungkinkan anak bereksplorasi secara mandiri. Selain itu, diharapkan agar metode pembelajaran STEAM berbasis loose parts dengan bahan alam diintegrasikan secara terencana dan berkelanjutan dalam kegiatan pembelajaran di PAUD untuk mendorong kemandirian anak


Full Text:

PDF

References


Abidah, B.S (2021). Peran guru dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.

Amalia, D., & Afrianingsih, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Bermuatan STEAM pada Kemandirian ditinjau dari Jenis Kelamin Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 288–296. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16281

Amalia, D., Sutarto, J., & Sugiyo Pranoto, Y. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif dan Kemandirian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233–1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765

Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Biolearning Journal, 8(1), 24–26. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.1019.

Auliyalloh, A. Q., & Rakhman, A. (2020). Media pembelajaran steam untuk meningkatkan kreativitas berbahan loose parts di kelompok B TK kasih ibu. Jurnal Ceria, 3(6), 553–558.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna, 14, 15–22.

Dista, D. X., & Marta, R. (2022). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 16–26.

Fadlillah, M., Wahab, R., & Ayriza, Y. (2020). Understanding the experience of early childhood education teachers in teaching and training student independence at school. Qualitative Report, 25(6), 1461–1472. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2020.4163.

Fauziah, N., Ichsan, I., & Irbah, A. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 18–27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746

Febriawati, R. N., Adhim, F., Hariyanto, & Pradana, P. H. (2024). Emerging Trends in STEAM Education: Advancing 5C Skills for Future-Ready Learners. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 7(3), 555–565. https://doi.org/10.23887/ijerr.v7i3.83194.

Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 21. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2020.

Gustomi, A., Kusuma, N. I. L., & Yuliani, L. (2024). Peran Tutor PAUD dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(2), 150–156.

Handayani, D., Handayani, D., Hayati, T., & Nurdiansyah, N. (2023). Hubungan Antara Aktivitas Pembelajaran Berbasis Steam Dengan Kualitas Kemandirian Anak Usia Dini Di Kelompok B Ra Al-Kautsar Kota Bandung. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 001. https://doi.org/10.69552/alihsan.v4i1.1725

Kumalasari, N. N., & Hasibuan, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Market Day Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5. Jurnal Pendidikan Anak, 322–329.

Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 97–109. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2919

Mei, A.K, & Nurul, K. (2023). Stimulasi Perkembangan Karakter dan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Entrepreneurship di TK Adni Islamic School Surabaya. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(4), 13–123. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i4.1289

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Nurulanningsih. (2023). Classroom action research as the professional development of indonesian language teachers. Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61.

Oktavianty, M. N., Antara, P. A., Ayu, D., & Handayani, P. (2024). Model Pembelajaran STEAM terhadap Kemampuan Kecerdasan Visual Spasial di Taman Kanak-Kanak. 7, 320–330.

Purwati, E. (2023). Penerapan model pembelajaran steam untuk meningkatkan kreatifitas visual- spasial pada kelompok a tk negeri pembina 1 trawas mojokerto. Conference Of Elemetary Studies, 243–261.

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805

Sartinah, P. O., & Hidayah, M. (2023). Meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain peran pada anak di PAUD Kasih Ibu Giri Tunggal kecamatan Pagelaran Utara kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2022/2023. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah Tarbiyah.

Satna, S., & Rusdiani, N. I. (2024). Peran Guru dalam Melatih Kemandirian Anak di Pocenter. buhuts al athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 41–52.

Septiani, I., & Kasih, D. (2022). Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School. Jendelaedukasi.Id, 01(02), 48–60.

Septiani, I., & Kasih, D. (2021). Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 192–199. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.44

Surur, M., Septi A.V., Arie Sandy, T., Hidayati, U., Permana, A., Nursinar, S., & Haarits Setiawan, W. (2025). Influence of collaborative problem-solving based STEAM, academic ability, and support on engagement and creative thinking skills: a SEM study from Indonesia. Salud, Ciencia y Tecnologia, 5. https://doi.org/10.56294/saludcyt20251877

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Tahirah, I., Akib, T., Nur, S., Ilyas, H., Makassar, U. N., Makassar, U. M., Langkasa, J. B., Rappocini, K., & Makassar, K. (2022). Peningkatan Konsep Bilangan Melalui Video Pembelajaran Interaktif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Ahrissa Syadina Takalar.

Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). the Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326

Z. Mabarroh El Haque. (2024). Implementasi Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part Sebagai Bentuk Inovasi Pendidikan Di TK Muslimat Nu 02 Nurul Huda Miji. 4(1), 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v8i1.4324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110