Efektivitas Teknik Finger Painting dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun

Izzatun Khusnaini(1), Rikza Azharona Susanti(2), Nurlaeli Fitriah(3), Ainur Rochmah(4),


(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kondisi keterampilan motorik halus pada anak-anak di RA Miftahul Huda menunjukkan adanya tantangan dalam perkembangan mereka. Dari 15 anak, ada 12 yang mengalami kesulitan dalam mengoordinasikan pergerakan mata dan tangan, khususnya ketika mereka melakukan aktivitas menggambar, menulis, dan tugas sehari-hari seperti membuka kemasan makanan ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa efektif kegiatan melukis dengan tangan (finger painting) dalam meningkatkan keterampilan motorik halus bagi anak-anak berusia 4 hingga 5 tahun di RA Miftahul Huda Karangploso, Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan eksperimen semu atau quasi eksperimen, yang terdiri dari satu kelompok dengan melakukan tes sebelum dan setelah perlakuan. Subjek dalam penelitian ini mencakup semua anak dalam kelompok A3 yang berjumlah 15 orang, dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara menyeluruh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pencatatan dokumen, dan pelaksanaan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak mengalami kemajuan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus setelah mengikuti aktivitas melukis dengan tangan. Hal ini terlihat dari perbedaan rata-rata nilai antara tes awal (pre-test) yang mencapai 14,26% dan nilai pada tes akhir (post-test) yang meningkat menjadi 18,33%. Uji t dilaksanakan untuk memverifikasi apakah hasil tersebut signifikan, dan diperoleh nilai signifikansi yang kurang dari 0,05, yang berarti terdapat pengaruh nyata dari kegiatan melukis jari terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak-anakyat. Oleh karena itu, aktivitas melukis jari dapat berkontribusi pada peningkatan keterampilan motorik halus anak-anak

Full Text:

PDF

References


Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin kejujuran sebagai upaya dalam pembentukan karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21–32.

Aprilia, A. R., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Practical Life: Upaya Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 48. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.829

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Implementasi program kantin kejujuran dalam pembentukan anak di TK ABA Assalam Sangjaya Desa Manggis Kecamatan Sirampong Kabupaten Brebes. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).

Cahyani, L. I., & Hidayat, M. T. (2023). Tinjauan pustaka sistematis: Program kantin kejujuran untuk meningkatkan karakter jujur di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 84–94.

Fitria, N., & Lestari, A. (2024). Keragaman Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 18–30.

Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 21. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2020

Hayati, N., Pamungkas, J., & Syamsudin, A. (2015). Pelatihan Pengelolaan Paud Di Padukuhan Sekitar Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 548–556. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12343

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2014). UU No.33 Tahun 2014 (2014). UU No.33 Tahun 2014, 1. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38709/uu-no-33-tahun-2014

Mulyasa, E. (2020). strategi pembelajaran PAUD (cet. 2). Remaja Rosdakarya. https://www.pustaka.iaincurup.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12093&keywords=

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805

Safitri, R. Y., & Saraswati, S. (2020). Efektivitas Kebijakan Kantin Kejujuran Dalam Upaya Pengembangan Karakter Peserta Didik Di SMP NEG. 4 Watampone. Jurnal Mappesona, 3(3).

Tabi’in, A. adut, & Nurlela, N. (2024). Penanaman Nilai Kejujuran melalui Kantin Kejujuran di Taman Kanak-kanak. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(02), 77–90.

Utomo, H. B. (2022). Paradigma baru perangkat pembelajaran paud dengan projek.

Wahyuni, E. D., Nuryasin, I., Rohman, U. F., & Muhibbullah, A. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif pada KB/TK Cita Sakinah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 118–128.

Wiyani, N. A. (2020). Manajemen Program pembiasaan untuk membentuk karakter mandiri pada anak di Paud Banyu Belik Purwokerto. Jurnal Thufula, 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v8i1.4312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110