Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Kantin Kejujuran Di Tk Al Mubarok Sempu Banyuwangi

Ria Octa Viana(1), Fitriatul Masruroh(2), Sofiyatul Hindayani(3),


(1) Universitas Islam Ibrahimy Banyuwangi
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter merupakan pondasi utama bagi perilaku anak baik perkataan maupun tindakan, mengingat pendidikan karakter salah satu pribadi anak yang relatif menetap, perkembangan anak usia dini sangat pesat sehingga karakter perlu di tanamkan sejak dini, Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakter jujur anak didik melalui penerapan kantin kejujuran. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A dan kelompok B di TK Al Mubarok Sempu yang berjumlah 52 anak didik. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan orang tua, observasi secara langsung kepada peserta didik sesuai indikator capaian pembelajaran, dokumentasi kegiatan sebagai pendukung penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Miles dan Huberman dengan penyajian data, dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat anak didik yang menunjukkan karakter jujurnya melalui tahapan implementasi kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan ini menunjukkan seluruh pihak sekolah konsistensi dalam pemilihan produk makanan serta perencanaan dokumen yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran. Karakter jujur anak didik terlihat pada pelaksanaan program yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat temuan karakter baru pada pelaksanaan program ini, dan tidak hanya jujur saja, namun karakter mandiri dan tanggung jawab pada anak didik.

Full Text:

PDF

References


Anam, K., & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin kejujuran sebagai upaya dalam pembentukan karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 21–32.

Aprilia, A. R., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Practical Life: Upaya Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 48. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.829

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). implementasi program kantin kejujuran dalam pembentukan anak di TK ABA ASSALAM SANGNJAYA DESA MANGGIS KECAMATAN SIRAMPONG KABUPATEN BREBES. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).

Cahyani, L. I., & Hidayat, M. T. (2023). Tinjauan pustaka sistematis: Program kantin kejujuran untuk meningkatkan karakter jujur di sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 84–94.

Fitria, N., & Lestari, A. (2024). Keragaman Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 18–30.

Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 21. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2020

Hayati, N., Pamungkas, J., & Syamsudin, A. (2015). Pelatihan Pengelolaan Paud Di Padukuhan Sekitar Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 548–556. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12343

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2014). UU No.33 Tahun 2014 (2014). UU No.33 Tahun 2014, 1. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38709/uu-no-33-tahun-2014

Mulyasa, E. (2020). strategi pembelajaran PAUD (cet. 2). Remaja Rosdakarya. https://www.pustaka.iaincurup.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12093&keywords=

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805

Safitri, R. Y., & Saraswati, S. (2020). Efektivitas Kebijakan Kantin Kejujuran Dalam Upaya Pengembangan Karakter Peserta Didik Di SMP NEG. 4 Watampone. Jurnal Mappesona, 3(3).

Tabi’in, A. adut, & Nurlela, N. (2024). Penanaman Nilai Kejujuran melalui Kantin Kejujuran di Taman Kanak-kanak. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(02), 77–90.

Utomo, H. B. (2022). Paradigma baru perangkat pembelajaran paud dengan projek.

Wahyuni, E. D., Nuryasin, I., Rohman, U. F., & Muhibbullah, A. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif pada KB/TK Cita Sakinah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 118–128.

Wiyani, N. A. (2020). Manajemen Program pembiasaan untuk membentuk karakter mandiri pada anak di Paud Banyu Belik Purwokerto. Jurnal Thufula, 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v8i1.4299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110