Pemanfaatan Asmaul Husna Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini
Abstract
Anak usia dini adalah anak usia 0-6 tahun. Pada masa ini menempati tahapan penting yang biasa disebut sebagai "masa keemasan" karena pertumbuhan yang cepat di sejumlah tahap perkembangan. Kemampuan numerasi didasarkan pada kemampuan berhitung, yang meliputi pengelompokan, pemahaman urutan, dan pemahaman angka. Namun, mungkin sulit untuk mengajarkan numerasi kepada anak-anak kecil karena pendekatan pengajaran tradisional cenderung membuat ide-ide abstrak seperti angka menjadi kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untu mengeksplorasi kegunaan Asmaul Husna (99 Nama Allah) sebagai alat pengajaran untuk pengembangan numerasi anak usia dini diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di RA Anak Shaleh di Kabupaten Pasuruan pada bulan Oktober 2024. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 20 anak yang berusia antara 5 dan 6 tahun. Dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Setelah data terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik tematik untuk menemukan pola-pola utama dalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Asmaul Husna memberikan manfaat yang signifikan dalam perkembangan numerasi anak usia dini. Anak-anak tampak bersemangat dan aktif selama proses pembelajaran. Mereka mampu menyebutkan urutan Asmaul Husna dan mengaitkannya dengan konsep angka, meningkatkan pemahaman mereka tentang urutan angka, dan mempercepat pemahaman konsep perbandingan angka seperti lebih besar atau lebih kecil. Selain itu, hafalan Asmaul Husna juga meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak, serta memudahkan mereka dalam memahami pola angka dan menerapkannya dalam operasi hitung dasar.
Full Text:
PDFReferences
Febrizalti, T., & Saridewi. (2020). Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1840–1848. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/656
Hijarani, T., & Nuraeni, L. (2023). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B Melalui Media Audio Interaktif Pada Pembelajaran Daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(4), 448–450. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/17006
Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini Ade. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 10(1), 23–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1.84
Indriyanti, W., Oktaviana, W., & Bergambar, K. A. (2024). Menggunakan Media Kartu Angka Bergambar Pada. JIEEC, 6(2), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7891
Ismawati, D., & Puspita, Y. (2024). Inovasi Pembelajaran Literasi Numerasi untuk anak Usia Dini di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education Web:, 4, 550–558. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1530
Komariah, I.T., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.15
Macdonald, A., & Rafferty, J. (2015). Investigating Mathematics, Science and technology in early childhood. OXFORD.
Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103–122. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp103-122
Nuraini, K.M.F., & Alqadri, B.M. (2024). Strategi Guru PAUD dalam Menanamkan Nilai Spiritual di TK Asmaul Husna Kabupaten Gowa. REFERENSI | Kajian Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9. https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/view/188/174
Postalia, N. (2021). Penerapan Media Permainan Kartu Angka dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak di TK Negeri Pembina Blambangan Umpu [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung].
Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8003
Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Setyaningsih, U., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340
Subaidi, B., S. (2021). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Pondok Tahfidz Putri Anak-anak “Yanabi’ul Quran” Sambang Karangmalang Gebog Kab. Kudus. Annual Conference on Islamic Education Management, December, 846–867.
Sujinah, A.A.N., & Arfan, M.M. (2017). Literasi dan Kearifan Lokal untuk Anak. In M. N. Qomarudin (Ed.), Sustainability (Switzerland). https://repository.um-surabaya.ac.id/8534/1/Literasi dan Kearifan Lokal.pdf
Susanti, N., Zulfia, A. E., Widia, I., Sari, I. P., Yana, P. I., & Arianto, D. (2024). Metode Bermain Pada Fase Pondasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Kognitif Taman Kanak-Kanak Play Methods in the Foundation Phase To Improve. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendekia, 1(7), 2630–2637. https://doi.org/https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Anak_Usia_Dini/O0xWEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Syifa, F.N., (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna pada Pembelajaran Tematik [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung].
Ummie Rochmah. (2018). Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Asmaul Husna Anak Kelas B1 TK Pesantren Pati Jawa Tengah [Universsitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33624/1/14430022_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 1–12.
Wathon. (2021). Implementasi Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Sistem Informasi Manajemen, 4(1), 57–74. https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/118
Wathon. (2022). Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Kelompok Belajar. OJS, 1(1), 1–22. https://oj.lapamu.com/index.php/sim/article/view/118
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i2.3717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110