Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Kotak Pintar

Novi Nurlela, Fidesrinur Fidesrinur

Abstract


Perkembangan anak memerlukan sebuah stimulasi yang tepat sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 mengenai Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Di dalamnya terdapat ketentuan mengenai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). STTPA berisi tentang indikator-indikator dalam berbagai aspek perkembangan, termasuk aspek perkembangan kognitif. Salah satu lingkup dari aspek perkembangan kognitif adalah mengenal lambang huruf. Hasil observasi dan diskusi bersama guru di TK Islam Al Kautsar Cibinong menunjukkan rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf disebabkan kurangnya variasi media pembelajaran. Solusi yang diberikan yaitu menggunakan media inovatif kotak pintar (KOPIN). Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada anak usia 4-5 tahun melalui media KOPIN. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dan partisipatif, dengan subjek penelitian terdiri dari 11 anak berusia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media KOPIN dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf. Hal ini terlihat dari 90% anak yang mampu menyebutkan lambang huruf, 100% anak yang dapat menunjuk sambil membunyikan lambang huruf, 90% anak yang berhasil menyusun lambang huruf, dan 90% anak yang mampu menghubungkan lambang huruf dengan gambar. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah menyesuaikan kegiatan KOPIN dengan tema pembelajaran, melakukan brainstorming terlebih dahulu bersama anak, serta memastikan bahan utama pada media KOPIN, seperti lembaran kartu kata, lebih diperhatikan agar dapat diganti sesuai tema yang digunakan.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, W. D. (2023). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Didik Paud Di Tk Dharmawanita Wringinanom Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/47363

Andini, A. N. (2023). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Thesis: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/33309/

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728

Berkat, K.Z., & Suprihati. (2021). Perkembangan Kognitif Pada Anak. Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 17–24. https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/101/40

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. Jurnal Ceria, 2(6), 2714–4107. https://www.paud.id/2015/09/t//ingkat-

Dewi, R., Puspitasari, E., Kurnia, R., (2021). Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Tambusai, 5(3), 9600-9609. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2532

Hidayah, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(2), 67-73. https://core.ac.uk/download/pdf/234031518.pdf

Ilham, M. F., Arba’iyah, L., Tiodora. (2023). Implementasi Teori Belajar Perspektif Psikologi Konstruktivisme Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar. In Jurnal Multilingual, 3(3), 380-391. https://doi.org/10.26499/multilingual.v3i3.437

Nuraini, Fitriani, & Raudhatul Fadhilah.(2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(1), 30-39. https://researchgate.net/profile/Fitriai-Fitriani

Khotimah, K., & Agustini, A. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i1.196

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Pangastuti, R., Siti, D., Hanum, F., Sita Farida. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 51-66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014).

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480

Sari, L. D., & Retno Wulandari. (2023). Media Pembelajaran Di Kelompok Bermain. In Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 2(2), 99-103. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v2i02.442

Septiana, R. S., Danny, S.T., Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 11-18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Yafie, E., Kustiawan, U., Astuti, W., Haqqi, Y.A, Boedi, D., Ilhami, B.S. (2020). Pengaruh Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Tehadap Peningkatan Keterampilan Mengembangkan Alat Permainan Edukatif (APE) Dari Bahan Bekas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 124-135. http://dx.doi.org/10.17977/um050v3i2p124-135




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i2.3597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110