Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics, Montessori, dan Islamic Berbasis Kurikulum Merdeka

Maya Pratiwi, Nila Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics, Montessori dan Islamic (STEAMMI) pada TK Al-Hamidiyah Depok yang menggunakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru kelas TK B. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pendekatan STEAMMI di TK Al-Hamidiyah Depok berjalan dengan memadukan Engineering Design Process (EDP) dari pendekatan STEAMMI dengan elemen Kurikulum Merdeka. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat modul STEAMMI yang berisikan EDP, kemudian merealisasikan Capaian Pembelajaran, menyusun Alur Tujuan Pembelajaran, menyusun rencana pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, keberhasilan implementasi pendekatan STEAMMI dinilai dari siswa yang dapat melakukan tahapan improve, artinya siswa mampu memahami bahwa pendekatan STEAMMI yang dilakukan butuh penyempurnaan. Selain itu, siswa yang mampu menjelaskan rangkaian kegiatan pendekatan STEAMMI juga dinilai sebagai keberhasilan suatu pendekatan STEAMMI. Untuk mengapresiasi siswa yang sudah menyelesaikan rangkaian pendekatan STEAMMI, TK Al-Hamidiyah Depok mengadakan Gebyar P5 dan STEAMMI Expo, dimana produk pendekatan STEAMMI dipamerkan dan siswa dapat berbagi pengalaman belajarnya pada orang lain.

Full Text:

PDF

References


Aini, S. N., Munahefi, D. N., Pramasdyahsari, A. S., & Setyowati, R. D. (2024). Engineering Design Process STEM: Projek Miniatur Gazebo Joglo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 37–43.

Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. D. T. R. I. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen.

Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 1.

Hasanah, I. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. In Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran (Vol. 7). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.314

Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 211–225.

Luthfy, P. A., Munawar, M., Setyoadi, Y., Dwi, & D.H, P. (2023). Perencanaan Engineering dalam Pembelajaran Outdoor Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7397–7408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5561

M.Sulistyati, D., Wijania, I. W., & Wahyaningsih, S. (2023). Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Moleong, L.J. (2107). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Rijal Fadli. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 1.

Pitaloka, N., & Santa Idayana Sinaga. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 11(1).

Pramasdyahsari, A. S., Setyawati, R. D., Aini, Sindi Nur, U. N., Arum, J. P., Astutik, I. D., Widodo, W., … Ummy Salmah. (2023). Fostering students’ mathematical critical thinking skills on number patterns through digital book STEM PjBL. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(7). https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/13342

Pusat Kurikulum. (2022). Sistem Informasi Kurikulum Nasional.

Putri, D. M., & Ika, B. M. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka untuk PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682

Rohmah, S., & Yuliyanti. (2022). Modul STEAMMI: Implementasi STEAMMI dalam kegiatan belajar mengajar KB-TK Al-Hamidiyah. Depok: Yayasan Islam Al-Hamidiyah.

Sofian, A. I. F., & Rakhmawati, N.I. (2023). Pengaruh Pembelajaran STEAM terhadap Peningkatan Pemahaman Lingkungan Geografis pada Anak Usia 5-6 Tahun. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 885–894.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi pedagogik guru PAUD dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i2.3412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110