Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics, Montessori, dan Islamic Berbasis Kurikulum Merdeka
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, S. N., Munahefi, D. N., Pramasdyahsari, A. S., & Setyowati, R. D. (2024). Engineering Design Process STEM: Projek Miniatur Gazebo Joglo. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 37–43.
Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. D. T. R. I. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen.
Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 1.
Hasanah, I. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. In Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran (Vol. 7). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.314
Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 211–225.
Luthfy, P. A., Munawar, M., Setyoadi, Y., Dwi, & D.H, P. (2023). Perencanaan Engineering dalam Pembelajaran Outdoor Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7397–7408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5561
M.Sulistyati, D., Wijania, I. W., & Wahyaningsih, S. (2023). Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Revisi). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Moleong, L.J. (2107). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Rijal Fadli. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 1.
Pitaloka, N., & Santa Idayana Sinaga. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 11(1).
Pramasdyahsari, A. S., Setyawati, R. D., Aini, Sindi Nur, U. N., Arum, J. P., Astutik, I. D., Widodo, W., … Ummy Salmah. (2023). Fostering students’ mathematical critical thinking skills on number patterns through digital book STEM PjBL. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(7). https://doi.org/https://doi.org/10.29333/ejmste/13342
Pusat Kurikulum. (2022). Sistem Informasi Kurikulum Nasional.
Putri, D. M., & Ika, B. M. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka untuk PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682
Rohmah, S., & Yuliyanti. (2022). Modul STEAMMI: Implementasi STEAMMI dalam kegiatan belajar mengajar KB-TK Al-Hamidiyah. Depok: Yayasan Islam Al-Hamidiyah.
Sofian, A. I. F., & Rakhmawati, N.I. (2023). Pengaruh Pembelajaran STEAM terhadap Peningkatan Pemahaman Lingkungan Geografis pada Anak Usia 5-6 Tahun. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 885–894.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi pedagogik guru PAUD dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543–550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i2.3412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110