Pengembangan Media Permainan Face Poly Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak

Karina Kusuma Wardhani, Tomas Iriyanto, Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media permainan Face Poly yang dapat menstimulasi kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Pada umumnya anak usia dini masih belum mengenal emosi, kesulitan untuk meluapkan emosi dan kesulitan untuk terlibat dalam sosial. Pendidik perlu memberikan rangsangan dan menyediakan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan masalah yang dihadapi anak. Pendidik perlu menciptakan alat bantu pembelajaran yang menarik dan tidak monoton. Teknik yang digunakan yaitu teknik angket dan observasi. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan, dengan model yang digunakan yaitu model ADDIE. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran dari ahli media dan ahli materi dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus persentase. Penelitian diuji cobakan kepada 3 taman kanak-kanak di Kota Malang.  Hasil uji validasi dari ahli media dan ahli materi mendapatkan hasil yang layak untuk diuji cobakan. Hasil uji coba mendapatkan respon positif dari ketiga TK yang diuji cobakan.  Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media permainan Face Poly terbukti layak, efektif, efisien dan menarik untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2022). Pengembangan Media Papan Perintah untuk Perkembangan Sosial-emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Bunga Melati NW Presak SAKR. Jurnal Cikal Cendekia, 2(2). https://doi.org/10.31316/jcc.v2i2.1988

Ayuningtyas, M., & Simatupang, N. D. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Cikal Cendekia, 2(2). https://doi.org/10.31316/jcc.v2i2.2239

Haibah, Q., & Kristanto, M. (2017). Pengaruh Bermain Play Dough Terhadap Kreativitas Membentuk Geometri Anak Pada Kelompok B Di Ra As-Syuhada’ Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1864

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana.

Muamanah, S. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Bandar Abung Kecamatan Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara. Universitas Islam Raden Intan Lampung.

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun: tinjauan pada aspek kesadaran diri anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.696

Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96-105. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran (1). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2), 142050.

Puspita, L., Chandra, S. A., & Sagala, D. (2015). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Outbound Halang Rintang.

Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381-387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.579

Rustari, L., Fadillah, & Ali, M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah. Jurnal : Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i9.35858

Suprapto, A. N. (2013). Permainan monopoli sebagai media untuk meningkatkan minat belajar tata boga di sma. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(1), 37–43.10.21831/jigcope.v0i1.2963

Wina, R. P., Iriyanto, T., & Aisyah, E. N. (2019). Pengembangan permainan harta karun si bola-bola dalam pembelajaran sosial emosional anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 126-131. 10.21831/jpa.v8i2.29095




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.3039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110