Ragam Bahasa Anak Tunarungu Dengan SIBI Di SLB N Ogan Ilir

Sadrah As Satillah, Khusnul Khotimah, Nur Nisai Muslihah, Rahmayanti Rahmayanti, Wianus Mirip, Yuni Dwi Suryani, Lia Dwi Ayu Pagarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) oleh anak-anak tunarungu di SLB N Ogan Ilir dalam komunikasi sehari-hari mereka saat berada di lingkungan sekolah. Studi ini juga menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan SIBI, baik dari segi internal seperti pemahaman dan kemampuan anak, maupun faktor eksternal seperti dukungan guru dan lingkungan sekolah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman, langkah pertama reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Proses pengumpulan data melibatkan observasi dan wawancara bersama 2 orang siswa tunarungu dan 1 guru di SLB N Ogan Ilir.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan SIBI dan isyarat lokal oleh siswa tunarungu, dengan SIBI lebih dominan dalam konteks pembelajaran formal di kelas dan isyarat lokal lebih sering digunakan dalam interaksi sosial di luar kelas. SIBI digunakan oleh guru selama proses pembelajaran tetapi penggunaannya cenderung terbatas karena hanya digunakan dalam interaksi sosial di luar konteks pembelajaran formal. Faktor-faktor seperti pemahaman dan kemampuan siswa, dukungan guru, dan lingkungan sekolah beserta keluarga mempengaruhi penggunaan SIBI oleh anak tunarungu. Rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan SIBI termasuk pelatihan reguler bagi guru dan staf pendidik, penyelarasan pengajaran SIBI dalam kurikulum pendidikan, dan penciptaan lingkungan yang mendukung penggunaan SIBI dalam berbagai konteks sosial. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas pendidikan inklusif bagi anak-anak tunarungu dan memperluas integrasi SIBI dalam kehidupan sehari-hari mereka


Full Text:

PDF

References


Aryani, A. H. (2019). Pengalaman komunikasi guru dengan anaktunawicara menggunakan sibi dan bisindo di slb negeri 2 pemalang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Asriandhini, B., & Rahmawati, C. H. (2021). Bahasa isyarat Indonesia Sebagai Konstruksi Identitas Dan Citra Sosial Tuli Di Purwokerto. Jurnal Riset Komunikasi, 12(1), 1–20.

Gumelar, G., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Bahasa Isyarat Indonesia Sebagai Budaya Tuli Melalui Pemaknaan Anggota Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu. Informasi, 48(1), 65. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i1.17727

Hasdiansyah, G., Novianty, A., & Anbarsanti, N. (2016). Perancangan Dan Implementasi Sistem Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia Dengan Mengkombinasikan Rgb Dan Skeleton Kinect Menggunakan Hidden Markov Model. EProceedings of Engineering, 3(2).

H.R Sismono. (2022). Mengenal Kehidupan Penyandang Disabilitas. Bandung:Nuansa Cendekia.

Irawan, B., & Ainy, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 189–197.

Isma, S. T. (2018). Meneliti bahasa isyarat dalam perspektif variasi bahasa. Kongres Bahasa Indonesia, 1–14.

Khotijah, S., & Driyani, D. (2022). Prosiding Seminar Nasional Sains Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Abjad Dalam SIBI Untuk Tuna Rungu Berbasis Objek. SINASIS 3 (1) (2022) Prosiding Seminar Nasional 1 Sains, 3(1), 290–297.

Kurnia, D. R., & Thohari, S. (2016). Menormalkan yang dianggap" Tidak Normal": Studi Kasus Penertiban Bahasa Isyarat Tunarungu di SLB Malang. Indonesian Journal of Disability Studies, 3(1), 34–43.

Kurniawati, V., & Siroj, M. B. (2019). Ragam Bahasa Anak Tunarungu dalam Interaksi Sosial di SLB Nege ri Ungaran. Jurnal Sastra Indonesia, 8(3), 211–221. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsi

Mufida, Y. N., & Azeharie, S. S. (2020). Pengungkapan Diri Anak Tunarungu dalam Kelompok Teater Tujuh di Jakarta. Koneksi, 4(1), 106–111

Mujib, M. (2016). Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Matematika Didasarkan pada Teori Schoenfeld. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–90.

Mursita, R. A. (2015). Respon tunarungu terhadap penggunaan sistem bahasa isyarat indonesa (sibi) dan bahasa isyarat indonesia (bisindo) dalam komunikasi. Inklusi, 2(2), 221–232.

Nasir, M. C. (2021). Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Sebagai Media Komunikasi (Studi deskriptif pada Siswa Tunarungu di SLB Among Asih, Surabaya). Uniersitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Nugraheni, A. S., Husain, A. P., & Unayah, H. (2023). Optimalisasi Penggunaan Bahasa Isyarat Dengan Sibi Dan Bisindo Pada Mahasiswa Difabel Tunarungu Di Prodi Pgmi Uin Sunan Kalijaga. Jurnal Holistika, 5(1), 28. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.28-33

Pratiwi, A. (2019). Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) sebagai Media Komunikasi (studi pada siswa tunarungu di SLB Yayasan Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 4(3).

Pratiwi, A., & Amri, A. (2019). Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) sebagai media komunikasi (studi pada siswa tunarungu di SLB penggunaan sistem isyarat bahasa indonesia (sibi) sebagai media komunikasi (studi pada siswa tunar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 4(3), 1–12. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Pujiati, D. (2019). Perbandingan Struktur Antara Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Dengan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO): Kajian Sintaksis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmawati, S., Husin, H., & Fikri, A. (2023). Efektivitas Pelatihan Bahasa Isyarat bagi Dosen dan Tenaga Pendidik di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(1), 44–51.

Ramadhan, F. H., Zuhriyah, N. F., Marlina, N. S., & Maulani, I. E. (2023). Menggali Potensi Komunikasi Nonverbal dalam Interaksi Manusia pada Pola Komunikasi Lingkaran. Edunity Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 308–315.

Rodhiyah, B. I., & Wulandari, S. (2024). Aplikasi Berbasis Mobile Sebagai Sarana Pembelajaran Dasar Bahasa Isyarat. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 7(1), 58–63.

Ramadhan, S.D.A. (2023). Komunikasi antarpribadi dan keterbukaan diri remaja terhadap teman sebaya dikalangan siswa homeschooling.

Sindarto, S. S., Ratnawati, D. E., & Arwani, I. (2022). Klasifikasi Citra Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dengan Metode Convolutional Neural Network pada Perangkat Lunak berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2129–2138.

Ulfah, S. M., & Ubaidah, S. (2023). Penerapan Bahasa Isyarat dalam Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(1), 29–43.

Zaeni, I., Kirana, K., Mahandi, Y. D., Handayani, A. N., & Fauzi, R. (2021). Pelatihan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) Berbasis Citra pada Siswa SLB Tunarungu Kota Malang. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 1(6), 428–431.

Zulpicha, E. (2018). Konflik Kebijakan Penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesia Di Lingkungan Pendidikan Formal. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1). https://doi.org/10.20961/jas.v6i1.18190




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.2876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110