Implementasi Pembelajaran Berwawasan Kemaritiman Terhadap Kecerdasan Naturalistik Anak Usia 4-5 Tahun

Mega Aulia Rohmah, Choirun Nisak Aulina

Abstract


Kecerdasan naturalistik adalah salah satu jenis kecerdasan yang penting untuk dikembangkan sejak usia dini untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cinta dengan alam sekitar. Terlebih lagi pendidikan yang menanamkan tentang rasa kepedulian terhadap lingkungan kepada peserta didik di era saat ini sangat minim, sistem pendidikan saat ini membutuhkan cara yang mampu menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar salah satunya dapat dilakukan dengan cara menumbuhkan kecerdasan naturalistik anak melalui pembelajaran berwawasan kemaritiman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran berwawasan kemaritiman untuk mengasah kecerdasan naturalistik anak serta menganalisis dampak pembelajaran berwawasan kemaritiman terhadap kecerdasan naturalistik anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, guru kelas kelompok usia 4-5 tahun, serta 15 anak kelompok A1. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dilakukan dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berwawasan kemaritiman mampu memberikan peluang kepada anak untuk menumbuhkan karakter kepedulian lingkungan yakni anak dapat memperluas pemahaman, menumbuhkan minat, kecintaan, merawat dan mendayagunakan kekayaan potensi kemaritiman dengan bijak melalui aktivitas yang dapat mengembangkan kecerdasan naturalis anak seperti melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup yang ada di laut, melakukan simulasi pencemaran air laut untuk mengetahui penyebab kerusakan yang ada di laut serta melakukan aksi bersih pantai dan penanaman tumbuhan bakau untuk menjaga kebersihan dan kelestarian laut.

Full Text:

PDF

References


Acar, H. (2014). Learning Environments for Children in Outdoor Spaces. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 846–853. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.147

Aisyah, S. (2014). Karya Visual Anak Usia Dini Developing Visual Art In Early Childhood. jurnal pendidikan, 15(2), 83–93.

Aprilianti, K., Kurnia, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Media Scan Cards Augmented Reality terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Education, 06(01), 3926–3935.

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

aurora safrina, zulifah. (2023). Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Pembelajaran Outing Class. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/8059/

Ciolan, L. E. (2013). Play to Learn, Learn to Play. Creating Better Opportunities for Learning in Early Childhood. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 76, 186–189. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.096

Debby Soraya, O. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Dengan Permainan Berbasis Alam Pada Tema Hewan Sub Tema Ikan Pada Anak Kelompok B Di Tk Alam Azkia Sigli Proposal Pendidikan. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/409

dedah jumiatin, M. P. (2020). memahami permasalahan anak usia dini ( adnan abi wildan, Ed.; pertama). Alqaprint Jatinangor.

Fajrin, L. P., & Alwiyah, N. (2023). Implementasi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini Tk Aisyiyah Cabang Kartasura. Dalam Jurnal Tunas Siliwangi (Vol. 9, Nomor 1).

Fitriyah, Q. F., & Hasibuan, N. S. (2021). Perbedaan Sikap dan Pengalaman Terhadap Kepedulian Lingkungan Sesuai dengan Pendidikan pada Anak Pusat Kota dan Anak Pedesaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 53. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.9586

Handoko, W. D., Fauziah, P., & Dimyati, D. (2021). Gaya Pengasuhan Anak Usia Dini pada Suku Dayak Dusun Laek Desa Bengkilu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 728–737. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1021

Hasbi, M., & Dwi gunarti, L. (2019). pedoman pendidikan kemaritiman di satuan paud (M. H. Drs. Lestari K. Wardhani, Ed.; hlm. 1–44). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini .

Imani Khan, R. (2022). Stimulasi Kecerdasan Naturalis (Nature-Smart) Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Alam. Prosiding Seminar Nasional OPPSI 2022, 62–69.

Jf, N. Z. (2020). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Pengembangan Media Flipchart Tema Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalistik Anak di TK IT Zia Salsabila Medan Sukiman. 6(1).

www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Khasna, F., & Zulfahmi, M. N. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Penerapan Media Buku Pop-Up. Jurnal AUDHI, 6(2), 40–48. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI``

Lesmi, K. (2022). Upaya Guru Dalam Penanaman Kesadaran Diri Terhadap Lingkungan Pada Anak Usia Dini. Dalam Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat: Vol. IV (Nomor 2).

M. Arif Zainul Fuad, & Muhammad Musa. (2017). Pengenalan Bidang Kemaritiman Sejak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tematik Kelautan Pada Siswa Taman Kanak Kanak. 2, 93–104.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, D. (2019). 31 Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Dalam Jurnal Ilmiah Potensia (Vol. 4, Nomor 1).

Mu’awwanah, U. M. P., Yulianingsih, E., & Sari, R. P. (2022). Penggunaan Loose Parts Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Al-Muhajirin Kabupaten Tangerang.

Nur Putri, N. A., Rahmawati, I. Y., & Kristiana, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (CBI FONIK) dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 9(4), 772. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5480

Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (t.t.). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pasir.

Romanti, S., Rohita, ;, Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Psikologi, F., & Pendidikan, D. (2020). Peran Guru Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Memecahkan Masalah Di Sentra Bahan Alam. Jurnal AUDHI, 3(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.587

Septarina, E., Marlina, L., & Putri, Y. F. (2022). Pengaruh Outing Class Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Kelompok B di RA Muqtadir Talang Betutu Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9705–9713.

Sukaeti, A. T., & Pd, S. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Di Kelompok B Taman Kanak Kanak Muslimat N.U Kota Tasikmalaya. Dalam Desember (Vol. 5, Nomor 2).

Sumitra, A., Panjaitan, M., Paud, P. G., & Siliwangi, I. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Torquati, J., Cutler, K., Gilkerson, D., & Sarver, S. (2013). Early Childhood Educators’ Perceptions of Nature, Science, and Environmental Education. Early Education and Development, 24(5), 721–743. https://doi.org/10.1080/10409289.2012.725383

Whitburn, J., Abrahamse, W., & Linklater, W. (2023). Do environmental education fieldtrips strengthen children’s connection to nature and promote environmental behaviour or wellbeing? Current Research in Ecological and Social Psychology, 5. https://doi.org/10.1016/j.cresp.2023.100163

Wiwik Sulistiani, & Dewi Mustami’ah. (2016). Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Kelautan dan Kemaritiman untuk Menumbuhkan Minat Kebaharian pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. seminar asean :pschologhy and humanity UMM, 512–521.

Zellawati, A. (2017). Mengasah Kecerdasan Naturalistik Melalui Pendidikan Cinta Kelautan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Saintek Maritim, 17(1), 99–109.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.2840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110