Keragaman Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD
Abstract
Kompetensi guru merupakan kemampuan mumpuni yang harus dimiliki oleh pendidik PAUD untuk membentuk siswa yang berkualitas, terutama kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru untuk memahami karakteristik anak, merancang pembelajaran, dan melaksanakan pembelajaran. Penyusunan artikel ini bertujuan mendeskripsikan kompetensi guru di berbagai Negara dan perbandingannya dengan kompetensi guru di Indonesia. Penelitian dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari studi empiris dan literatur dengan mendokumentasikan dan mereview semua artikel terkait kompetensi pedagogik. Diperoleh 21 artikel jurnal nasional dan jurnal internasional terakreditasi yang diperoleh dari google scholar, researchgate, SINTA, DOAJ, dan Scopus. Berdasarkan kajian literatur didapatkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh pada keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas karena itulah semua penelitian itu merekomendasikan hal yang sama, yaitu 1)proses pendidik PAUD memiliki kompetensi pedagogik melalui monitoring yang dilakukan oleh kepala sekolah, 2)peningkatan kompetensi pedagogik bekerjasama dengan pemerintahan, dan perguruan tinggi yang memiliki jurusan Pendidikan anak usia dini dan 3)keragaman pengembangan konten pada kompetensi pedagogik merujuk pada memahami karakteristik anak, merancang kegiatan pembelajaran, melakukan penilaian, pengelolaan kelas, dan melakukan komunikasi yang efektif.
Full Text:
PDFReferences
Aasen, W., & R. Sadownik, A. (2019). Does the New Kindergarten Teacher Education Program in Norway Provide Good Conditions for Professional Kindergarten Teachers? Universal Journal of Educational Research, 7(3A), 1–7. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071301
Ayu Anggreni, M., Sumantri, S., & Dhieni, N. (2022). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kompetensi Guru dalam Penerapan Budaya pada Lembaga PAUD di Indonesia. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 6(4), 2022. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1585
Badan Pusat Statistik. (2018). Persentase Guru Berkualifikasi Minimal S1 pada Satuan Tingkat Pendidikan (Persen), 2012/2013 - 2016/2017. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/MjAwNyMx/persentase-guru-berkualifikasi-minimal-s1-pada-satuan-tingkat-pendidikan-persen-2012-2013-2016-2017.html
Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smpn 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 14(1), 25.
Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440
Dalle, A., & Agussalim, A. (2022). Penyusunan Literatur Review Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2022, 622–627.
Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Motivasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–8.
Farwan, R. M. A. & L. (2017). Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–17.
Fransiska, F. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Tk Dalam Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 5(1), 23. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.1198
Gore, J., Lloyd, A., Smith, M., Bowe, J., Ellis, H., & Lubans, D. (2017). Effects of professional development on the quality of teaching : Results from a randomised controlled trial of Quality Teaching Rounds. Teaching and Teacher Education, 68, 99–113. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.08.007
Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Mustari, M. (2022). Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2296–2303. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1963
National Institute of Education, S. (NIE). (2012). A Teacher Education Model for the 21st Century (TE21): NIE ’ s journey from concept to realisation. http://www.nie.edu.sg/files/booklet_web.pdf
Novitasari, dan Fitria, N. (2021). Gambaran Kompetensi Profesional Guru PAUD Mangga Panginggilan Ciledug. Jurnal AUDHI, 3(2), 160–173. https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.441
Panayiotis Zaphiris, A. L. (2019). Learning and Collaboration Technologies. Designing Learning Experiences 6th International Conference, LCT 2019, Held as Part of the 21st HCI International Conference, HCII 2019, Orlando, FL, USA, July 26–31, 2019, Proceedings, Part I: 6th International Co. https://doi.org/10.1007/978-3-030-21814-0
Puspa, C. I. S., Dini Nur Oktavia Rahayu., & Muhamad Parhan. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia UnggulMenuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5030/3050
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). PT Bumi Aksara.
Tan, C. (2019). Competence or Performance? A Bernsteinian Analysis of Basic Competency Assessment in Hong Kong. British Journal of Educational Studies, 67(2), 235–250. https://doi.org/10.1080/00071005.2017.1423461
Tatminingsih, S. (2021). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1698
Tsabitah, N., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Di Raudhatul Athfal Tangerang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 10. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.563
Willis, P. (2006). The golden age. On Record: Rock, Pop and the Written Word, 35–45. https://doi.org/10.4324/9780203993026
Wulandari, E. (2021). Bagaimana Singapura Menghasilkan Guru Berkualitas Tinggi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.
Yuliariatiningsih, M. S. & T. S. (2007). tan profesional. Jabatan profe. Cakrawala Dini - Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10325/6363
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.2718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110