Pengembangan Lagu Islami Berbasis Multimedia Untuk Mengembangkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini

Hijriati Hijriati, Heliati Fajriah, Nurul Mughniy, Dina Amalia, Saptiani Saptiani

Abstract


Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan nilai agama yaitu kegiatan bernyanyi lagu Islami. Lagu Islami dikaitkan dengan Agama Islam, maksudnya lagul yang selsulai ajaran Agama Islam dan biasanya dijadikan sarana ulntulk belrdakwah selrta melnyampaikan nilai dan ajaran yang telrkandulng dalam Agama Islam. Berdasarkan hasil observasi awal, permasalahan yang ada di TK Al-Muhajirin adalah kurangnya media untuk mengembangkan nilai agama, hanya tersedia poster Rukun Islam, Rukun Iman, dan poster nama-nama 25 nabi. Lagu yang tersedia juga berupa lagu dasar PAUD, tidak ada lagu untuk mengembangkan nilai agama. Ketersediaan media tersebut belrdampak pada pelrkelmbangan agama anak selhingga banyak yang melnggulnakan kata kasar, kata eljelkan, dan tidak melngelnal kalimat yang baik (Islami). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media lagu Islami berbasis multimedia dalam mengembangkan nilai agama pada anak usia dini. Jenis penelitian adalah R&D (Research & Development) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, observasi, dan wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 orang anak di TK Al-Muhajirin Aceh Besar. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sebanyak 2 kali diperoleh persentase 80% dengan kriteria layak. Sedangkan lembar observasi digunakan sebanyak 2 kali dan mendapat persentase 90% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba di TK Al-Muhajirin dengan anak berjumlah 10 orang diperoleh nilai 67.9% dan masuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dapat disimpulkan bahwa lagu Islami berbasis multimedia untuk mengembangkan nilai agama pada anak usia dini “Layak” untuk digunakan


Full Text:

PDF

References


A, S. R. (2019). Media Pendidikan Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-niali Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. anak usia dini, 27.

Ardi, A. H. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Dan Praktek. jakarta: renika cipta.

Astuti, Y. D. (2018). Ayah, Ibu Ajari Aku Lagu Sederhana. Jawa Barat: CV Jejak.

Azizah, F. (2015). Metode Pembelajaran Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. anak usia dini, 10-11.

Bakhri, S. (2021). Seni Islam. Jakart: PT Pustaka Abadi Bangsa.

Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 155-167.

Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 155-167.

Fajar. (2021). Panduan Praktis Evaluasi. yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Fauziddin, M. (2017). Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. jakarta: bumi aksara.

HabibuRahman, d. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini. Jawa barat: Edu publisher.

Hermawan, R. (2020). Lagu Anak Sebagai Media Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Wadas Kelir. anak usia dini, 14-17.

Hudah, N. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng Di Tk Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. pemikiran islam, 113.

Lestari, N. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. jawa tengah: lakeisha.

Mulyati, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Padlet Pada Kompetemsi Dasar Menerapkan Pengujian Mutu Uji Kimia. indonesia: Universitas Pendidikan Indonesi.

Pribadi, B. (2011). Model Sistem Pembelajaran. jakarta: dian rakyat.

Rahman, R. A. (2021). Pengembangan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19 Melalui Virtual Learning Dalam Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini. madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Saifuddin, A. (2019). Psikologi Agama. jakarta timur: kencana.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian pendidikan pendekatan, kuantitatif, kualitatif, R&D. bandung: alfabeta.

Yantos. (2013). Analisis Pesan-Pesan Dakwah Dalam Syair-Syair Lagu Opick. jurnal risalah, 6-24.

Zahriani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Audia Visual di RA Paudatul Ilmi Kecamatan Medan Denai. Jurnal AUD Cendekia, 30-34




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110