Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan

Annisa Oktaviani, Khusnul Laely

Abstract


Tanggung jawab merupakan sesuatu hal yang penting ditanamkan sejak dini supaya saat dewasa menjadi pribadi yang memiliki kecakapan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan. Subyek penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kwaderan yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan model yang dipilih untuk melakukan tindakan yaitu siklus model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuntitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan sikap tanggung jawab anak kelas B TK Pertiwi Kwaderan Kecamatan Kajoran. Hal ini dapat dilihat hasil observasi yang menunjukkan bahwa perkembangan sikap tanggung jawab anak mengalami perubahan yang sangat baik. Rata-rata yang diperoleh berdasarkan hasil dari pratindakan yaitu 50,8%, selanjutnya setelah dilakukan siklus 1 meningkat menjadi 64,9 % dan setelah dilakukan siklus 2 secara meningkat menjadi 86%. Peningkatan yang diperoleh dari pratindakan sampai siklus 2 yaitu mencapai 35,2%.


Full Text:

PDF

References


Amalia, & Sa’diyah. (2015). Bercerita sebagai Metode Mengajar Bagi Guru Raudhatul Athfal Dalam Mengembangkan kemampuan Dasar Bahasa AUD. Jurnal STAIN Kudus, 3(2).

Anissyifa, H. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8.

Annisa, D., & Djamas, N. (2020). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal AUDHI, 3(1), 42–51.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Cahyati, N. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Karakter Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 2(02). https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1033%0D

Dewi, N. F., Asmah, A., & Muntomimah, S. (2021). Efektifitas Meaningful Learning Terhadap Tanggung Jawab Anak Kelompok B Usia 3-4 Tahun Di Play Group Amanah Bunda Malang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 15–26.

Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun ditinjau dari tingkat pendidikan ibu di PAUD kasih ibu kecamatan rumbai. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 169–178. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175

Hasiana, I. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok A Di TK Karunia Kebraon Surabaya. Jurnal Incrementapedia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Hayati, D. (2019). Proses Penerapan Etika Bertoilet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 316–325. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.334

Hutami, S., & Jumiatin, D. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Melalui Metode Storytelling Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ceria, 4(3), 260–265.

Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. 4, 472–481.

Jaya, I. (2018). Pengaruh Media Boneka Wayang Terhadap Perkembangan Kemampuan Bercerita Di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Padang.

Kamaruzzaman, R. (2017). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Proyeksi. 2(2), 1–8.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (pertama). PT Kharisma Putra Utama.

Mahendra, J. P. (2023). Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Melalui Metode Mendongeng Interaktif pada Kelompok B Di TK Al-Ikhlas Maraqitta’limat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 201–208. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2

Monalisa, M. (2020). Hubungan Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Yang Menikah Muda Dengan Perkembangan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Korong Sungai Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 293. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109592

Mulyani, S. A. (2013). Penggunaan Boneka Sebagai Media Stimulasi Kreatif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 1(2), 20–25.

Ningsih, D. P., Nuroni, E., & Suhardini, D. (2015). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Proyek, pada Anak Kelompok B TK IT Bina Insan Mulia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2(3), 86–93.

Novayanty, A. A. (n.d.). Peningkatan Perilaku Moral Pada Anak Usia 5-6 tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita. Jurnal Instruksional, 2(2), 128–136.

Novira, & Jaya, I. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 84–91. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.24

Prihanjani, N. L., Wirya, N., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8822

Riskayanti, S., & Suwardi. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal AUDHI, 1(1), 61–69.

Rohyati. (2015). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Sabdono, E. (2020). Tanggung Jawab Memiliki Keselamatan. rehobot literature.

Shabrina, M. N., Azizah, N., & Rifqi, M. Z. (2020). Pembelajaran Tahfidz Sebagai Media Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Temper Tantrum. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal AUDHI, 2(2), 67–78.

Ulfah, S. M., Asdar, A., & Nurdiyah, N. (2023). Penggunaan Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5351–5358. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.3737

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Jurnal Murhum, 1(1), 28–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110