IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TARI BEDUG WARNANE PADA ANAK USIA 3-6 TAHUN

Salsabila Ardya Putri, Kristiana Maryani, Fadlullah Fadlullah

Abstract


Tari Bedug Warnane merupakan tarian kesenian daerah Banten yang bertemadengan iringan musik ceria dengan nada unsur bermain bedug yang dipukul sesuai dengan tempo dan irama.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tari Bedug Warnane disanggar tari Raksa Budaya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi model, strategi, sarana prasarana, media dan lingkungan serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tari Bedug Warnane di Sanggar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Milles and Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses pembelajaran tari untuk anak usia 3-6 tahun dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap Perencanaan berupa menyiapkan rencana pembelajaran yang merujuk pada silabus, menyiapkan sarana dan media pembelajaran dilakukan oleh para pengurus di sanggar. Tahap pelaksanaan berupa pembelajaran materi tari Bedug Warnane dengan menggunakan metode demonstrasi, imitative serta praktik. Tahap evaluasi yaitu kegiatan yang dilakukan setiap akhir pembelajaran. Kegiatan evaluasi juga dilakukan melalui pertunjukan tari dengan menampilkan tarian Bedug Warnane yang sekaligus untuk mengetahui pencapaian pembelajaran. Adapun hambatan yang dialami yaitu anak sulit fokus pada saat pembelajaran berlangsung. Solusi yang dilakukan pelatih adalah dengan cara membangkitkan semangat anak dalam belajar menari. Kesimpulannya Sanggar Bina Seni Tari Raksa Budaya Kota Serang telah melaksanakan pembelajaran tari dengan sistematis yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dengan merujuk pada silabus yang ada.


Full Text:

PDF

References


Arfani, L. (2018). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, Dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11.

Ayu, S. Rifka. (2021). Pengertian Tari Tradisional Lengkap Beserta Macam-Macam, Unsur, Dan Fungsinya. Liputan6.

Badriyah Ul Aulia, F. (2023). Strategi Guru Menstimulasi Motorik Halus Melalui Kegiatan Practical Life Anak 4-5 Tahun. Jurnal Audhi, Vol. 5, No, Pages 96-108.

Dyahningtyas, A. A. S. (2022). Implementasi Kebudayaan Kemataraman Dalam Pembelajaran Seni Di Tk Pangudi Luhur Boro, Yogyakarta. Jurnal Audhi, I Vol. 5, Pages 32-41.

Elva, W. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Radenintan.

Hanum A., dan Rohita. (2020). Kegiatan Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Audhi, Vol. 2, No, 90.

Ira, L. (2022). Tari Bedug Warnane Di Sanggar Bina Seni Tari Raksa Budaya Kota Serang Banten. Perpustakaan Isbi.

Jamilah, Sanan Sabri. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini.

Lisabella, M. (2020). Model Analisis Interaktif Miles And Huberman. Binadarma.Ac.Id.

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Audhi, Vol. 4, 2.

Nisa, I., & Suwardi. (2019). Stimulasi Gerak Lokomotor Anak Usia 1-4 Tahun Melalui Metode Gerak Dan Lagu. Jurnal Audhi, Vol. 1, No, 89.

Nita, O. (2022). Indikator Kompetensi Guru Profesional Yang Harus Guru Kenal. Akupintar.Id.

Lestari, N.V. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-51 Rengat Kab. Indragiri Hulu. Repository.Uir.Ac.Id.

Pangestu, F. G., Suri, G. E., Fitri, M., & Dewi, P. A. (2022). Strategi Pembelajaran Fun Learning Di Bimba Aiueo, Kota Cilegon. Jurnal Audhi, I Vol. 5, 8–14.

Purwatiningsih. (1999). Pendidikan Seni Tari-Drama Anak Tk-Sd. Universitas Negeri Malang.

Rejeki, N. S., & Suwardi. (2019). Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Di Taman Kanakkanak. Jurnal Audhi, Vol. 2, No, 39.

Samsul, A. (2022). Praktik Dan Teori PJOK Di Sekolah Dasar.

Sary, O. I. P. (2022). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanaman Nilai Tatakrama Budaya Jawa Di Lingkungan Karaton Surakarta. Jurnal Audhi, Vol. 5, No, 1–7.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Cv Alfabeta.

Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metode Pengembangan Fisik, 1–21.

Http://Repository.Ut.Ac.Id/4781/1/Pgtk2302-M1.Pdf

Syam, S. (2022). Belajar Dan Pembelajaran (J. S. Abdul Karim (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Veny, I. (2023). Penanaman Kemandirian Anak 5-6 Tahun. Jurnal Audhi, I Vol. 5, Pages 109-115.

Vini, M. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Dalam Pembelajaran Di Sentra Seni. Jurnal Audhi, Vol. 3, No, 76.

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., & Yuliantini. (2021). Teori Dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Zahra, S., & Nurhayati, D. (2019). Penerapan Kebijakan Kurikulum Paud Dalam Pembelajaran Nilai Agama Moral. Jurnal Audhi, Vol. 1, No, 107.

Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metode Pengembangan Fisik, 1–21. Http://Repository.Ut.Ac.Id/4781/1/Pgtk2302-M1.Pdf

Syam, S. (2022). Belajar Dan Pembelajaran (J. S. Abdul Karim (Ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Veny, I. (2023). Penanaman Kemandirian Anak 5-6 Tahun. Jurnal Audhi, I Vol. 5, Pages 109-115.

Vini, M. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak Dalam Pembelajaran Di Sentra Seni. Jurnal Audhi, Vol. 3, No, 76.

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., & Yuliantini. (2021). Teori Dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Zahra, S., & Nurhayati, D. (2019). Penerapan Kebijakan Kurikulum Paud Dalam Pembelajaran Nilai Agama Moral. Jurnal Audhi, Vol. 1, No, 107.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110