PERSEPSI CALON GURU ANAK USIA DINI MENGENAI KONSEP BILANGAN 1-10
Abstract
Konsep bilangan adalah salah satu materi Matematika yang harus dipahami dan dikuasai oleh setiap manusia. Memiliki penguasaan yang kuat pada konsep bilangan 1-10 akan berdampak terutama pada materi selanjutnya, yaitu Aritmatika serta pada materi Matematika lainnya. Penelitian kuantitatif deskriptif ini dilakukan melalui survey dengan cara menyebarkan lewat g-form. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data awal persepsi 170 calon guru anak usia dini di Universitas Negeri Surabaya mengenai konsep bilangan 1-10 pada anak usia dini. Hasil menunjukkan bahwa lebih dari lima puluh persen persepsi calon guru anak usia dini di Universitas Negeri Surabaya cara mengajarkan konsep bilangan 1-10 adalah dengan mengenalkan anak pada simbol bilangan 1-10 terlebih dahulu, cara mengajarkan berhitung pada anak usia dini dengan menggunakan gambar sebanyak sembilan puluh lima persen responden, mengenalkan simbol angka merupakan kegiatan pertama kali yang dikenalkan pada anak ketika masuk PAUD/ TK sebanyak tujuh puluh tiga persen, dan mengenalkan konsep penjumlahan dan pengurangan pada anak usia dini yang tepat adalah dengan cara langsung menggunakan simbol angka (operasi hitung) sebanyak enam puluh satu persen.
Full Text:
PDFReferences
Alvian, I. G. P. K. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen “masalah.” PERFORMA, 5(4). https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1783
Ana Widyastuti. (2017). Peningkatan literasi anak usia 4-6 tahun melalui bahan ajar membaca, menulis, dan berhitung untuk guru tk di kecamatan cinere dan limo depok. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v2i2.2291
Astuti, W., Syafar, S., & Sumarni, S. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik materi pengukuran berbasis saintifik pada anak kelompok B di taman kanak-kanak. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(1). https://doi.org/10.36706/jtk.v6i1.8353
Handayani, A. D., Yulianto, D., Samijo, S., Devita Yohanie, D., & Darsono, D. (2020). Penyusunan Bahan Ajar Pengembangan Kognitif Melalui Pendekatan Iceberg Pada Anak Kelompok TK B. Efektor, 7(2). https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14994
Harahap, Z., Leonandri, D., & Julvitra, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di 71st Omakase Restoran, Cikajang Jakarta. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(2). https://doi.org/10.36983/japm.v8i2.93
Ramayulis. (2015). Mengenal konsep penambahan dan pengurangan melalui permainan estimasi (memperkirakan), sebagai tahap awal pengenalan matematika bagi anak usia dini di kelompok b taman kanak-kanak negeri 3 kota banda aceh. Buah Hati Journal, Vol. 2 No. 1 (2015).
Rohaeni, E. S., Gunadi, A., Dharma, P., Pamulang, B., & Selatan, T. (2018). Peningkatan pengenalan konsep bilangan melalui media fauna pantai pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, II(1).
Septiyani, F. K., Rintayati, P., & Istiyati, S. (2018). Pengaruh Board Games terhadap Mathematic Ability dalam Pengenalan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendikia: Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4).
Sihombing, S. Y., & Maharani, N. K. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Wilayah Kelurahan Kebon Jeruk. JCA Ekonomi, 1(1).
Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3). https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277
Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., & Kohar, U. H. A. (2017). Mathematics teachers’ level of knowledge and practice on the implementation of higher-order thinking skills (HOTS). Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(1), 3–17. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00601a
Amankonah, F. O. (2013). K-8 Teachers’ Self-Efficacy Beliefs for Teaching Mathematics. In ProQuest LLC.
Ambarwati, A. (2016). Cerita Bergambar Untuk Anak Usia 0-3 Tahun Dalam Tinjauan Linguistik Fungsional Halliday. 2, 126–135.
Anam, N. (2021). Formulasi belajar dan pembelajaran berbasis multiple intelligences (kecerdasan majemuk) di lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, 2(1).
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Björklund, C., Marton, F., & Kullberg, A. (2021). What is to be learnt? Critical aspects of elementary arithmetic skills. Educational Studies in Mathematics, 107(2). https://doi.org/10.1007/s10649-021-10045-0
Cholily, Y. M., & Suwandayani, B. I. (2019). Implementasi pendekatan saintifik dalam materi operasi aritmatika pada calon guru SD. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2). https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.5255
Christou, K. P., Pollack, C., Van Hoof, J., & Van Dooren, W. (2020). Natural number bias in arithmetic operations with missing numbers – a reaction time study. Journal of Numerical Cognition, 6(1). https://doi.org/10.5964/jnc.v6i1.228
Communication, B., Parents, B., Of, R., Story, A., & Alquran, I. N. (n.d.). Menjembatani Komunikasi Orang Tua Dan Anak : Berkaca Pada Kisah Binatang Dalam Alquran Bridging Communication Between Parents and Children : 158– 169.
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Dutton, W. H. (2020). Growth in number readiness in kindergarten children. The Arithmetic Teacher, 10(5). https://doi.org/10.5951/at.10.5.0251
Fatmawati, F. (2019). Meningkatkan Kretivitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Pada Pembelajaran Sentra Persiapan Di TK Kemala Bhayangkari 29 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i1.19
Febiola, K. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28263
Fransisca Anggraeni Suriantoso, Ni Made Ayu Suryaningsih, C. E. P. (2016). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan playdough pada anak kelompok bermain di paud tegaljaya. Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1).
Garris, G. S. (2020). Elementary and special education pre-service teachers’ selfefficacy beliefs about teaching mathematics and science to students with autism: A preliminary study. Dissertation Abstracts International: Section B: The Sciences and Engineering, 81(2-B).
Godoy, T. L., Sepúlveda, M. F., & Puraivan, E. (2021). A cognitive approach for understanding the comparison between the cardinals of the set of natural numbers and the set of integers in secondary student. Educacion Matematica, 33(2). https://doi.org/10.24844/EM3302.06
Harahap, Zulkifli, Dino Leonandri, and Enos Julvitra. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di 71st Omakase Restoran, Cikajang Jakarta.” Jurnal Akademi Pariwisata Medan 8(2). doi: 10.36983/japm.v8i2.93.
Hamidah, N., & Mursalim. (2021). Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B di Raudlatul Athfal. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.35719/preschool.v2i1.25
Handayani, A. D., Yulianto, D., Samijo, S., Devita Yohanie, D., & Darsono, D. (2020). Penyusunan Bahan Ajar Pengembangan Kognitif Melalui Pendekatan Iceberg Pada Anak Kelompok TK B. Efektor, 7(2). https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14994
Hartati, U. (2016a). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Bedah Beruang (Belajar Mudah Berhitung Kurang)” untuk Mengenalkan Konsep Pengurangan pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B. In Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 53, Issue 9).
Hidayah, S. N., Izah, N., & Maulida, I. (2021). Penggunaan Media Papan Puzzle Dalam Mengenal Angka. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2). https://doi.org/10.52657/jik.v10i2.1470
Hijriati. (2017). Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, III(2), 59–69. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1699
Huang, L.-Y. (2012). Teachers’ understanding and implementation of a whole language approach to literacy in taiwan: a study of early years’ teachers’ beliefs and practices. PQDT - UK & Ireland.
Iswantiningtyas, V. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Selama Belajar Di Rumah. Efektor, 8(1), 9–20. https://doi.org/10.29407/e.v8i1.15835
Jannah, U. R., Basri, H., Hafsi, A. R., Linarsih, Y., & Utami, M. R. (2022). Understanding Concepts of Multiplication Number for Slow Learner Student Through Meaningful Learning at Inclusion School. Proceedings of the 2nd International Conference on Innovation in Education and Pedagogy (ICIEP 2020), 619. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211219.049
Julianingsih, D., & Isnaini, I. D. (2022). Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.110
JUSTO, J. C. R., BECHER, E. L., HEUVEL-PANHUIZEN, M. VAN DEN, & VELDHUIS, M. (2020). Assessment In Primary School Mathematics Education In Brazil. Educação Em Revista, 36. https://doi.org/10.1590/0102-4698212670
Karina, C. D., U.S, S., & L.A, S. (2021). Eksplorasi EtnoMatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.674
Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.488
Kharisma Diyenti, A. (2021). Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Alat Manipulatif. Jurnal Family Education, 1(1). https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.11
Konidaris, G. (2019). On the necessity of abstraction. In Current Opinion in Behavioral Sciences (Vol. 29). https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2018.11.005
Kreimeyer, K., Foster, M., Pandey, A., Arya, N., Halford, G., Jones, S. F., Forshee, R., Walderhaug, M., & Botsis, T. (2017). Natural language processing systems for capturing and standardizing unstructured clinical information: A systematic review. In Journal of Biomedical Informatics (Vol. 73). https://doi.org/10.1016/j.jbi.2017.07.01
Kullberg, A., Björklund, C., Brkovic, I., & Runesson Kempe, U. (2020). Effects of learning addition and subtraction in preschool by making the first ten numbers and their relations visible with finger patterns. Educational Studies in Mathematics, 103(2). https://doi.org/10.1007/s10649-019-09927-1
Lestari, P. I., & Prima, E. (2018). Permainan Congklak Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Prosiding, SINTESA, November.
Lo, W. Y. (2020). Unpacking mathematics pedagogical content knowledge for elementary number theory: The case of arithmetic word problems. Mathematics, 8(10). https://doi.org/10.3390/math8101750
Lopes, J., & Fernandes, P. (2009). Emergent literacy beliefs in preschool and kindergarten contexts. L1 Educational Studies in Language and Literature, 9(4). https://doi.org/10.17239/l1esll-2009.09.04.10
Luft, J. A., Navy, S. L., Wong, S. S., & Hill, K. M. (2022). The first 5 years of teaching science: The beliefs, knowledge, practices, and opportunities to learn of secondary science teachers. Journal of Research in Science Teaching. https://doi.org/10.1002/tea.21771
Manor, O., Shalev, R. S., Joseph, A., & Gross-Tsur, V. (2001). Arithmetic skills in kindergarten children with developmental language disorders. European Journal of Paediatric Neurology, 5(2). https://doi.org/10.1053/ejpn.2001.0468
Masnipal, M., & Hakim, A. (2018). Perbedaan Pendapat Pembelajaran Prabaca, Pratulis dan Prahitung Bagi Anak Usia Dini. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(1). https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3855
Matitaputty, christi. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Nilai Tempat Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1). https://doi.org/10.22202/jl.2016.v3i1.1392
Matitaputy, C. (2018). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266
Matthews, P. G., & Ellis, A. B. (2018). Natural alternatives to natural number: The case of ratio. Journal of Numerical Cognition, 4(1). https://doi.org/10.5964/jnc.v4i1.97
Maulidina, A. P. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408
McMullen, J., Hannula-Sormunen, M. M., Lehtinen, E., & Siegler, R. S. (2020). Distinguishing adaptive from routine expertise with rational number arithmetic. Learning and Instruction, 68. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101347
Medayanti, E., & Saridewi, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak dengan Puppet Fun di Taman Kanak-Kanak. Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 6(20), 72–76. https://doi.org/10.5281/zenodo.2569974
Melati, T. K. K. (n.d.). Ncreasing children’s speaking ability through storytelling method with hand puppet in group a tk kuncup melati.
Mukina, T., & Chun, H. (2022). Algebra I Teachers’ Beliefs and Knowledge of Algebra For Teaching. Journal of Education, Teaching and Social Studies, 4(1). https://doi.org/10.22158/jetss.v4n1p1
Mulyana, E. H., Gandana, G., & Muslim, M. Z. N. (2017). Kemampuan Anak Usia Dini Mengelola Emosi Diri Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Dwp Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 214–232. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9361
Murniati, N., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2017). Pengaruh Metode bercerita dengan buku cerita bergambar terhadap konsentrasi belajar anak kelompok b di tk pertiwi jaten 2 juwiring klaten tahun ajaran 2016/2017.
Nadia, A. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Origami pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa di SDN 1 Wergu Wetan Kudus.
Noviani, K. (2017). Studi Deskriptif Perbandingan Kinerja Guru anak usia dini dalam Penggunaan LKA dan APE Studi Deskriptif Perbandingan Kinerja Guru Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Lka Dan Ape Di Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono Sidoarjo. Teratai.
Novitasari, W. (2016). Analisis Kesultan Belajar Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Eksakta, 1.
Nurrahmadani dkk. (2017). Memperkenalkan Bilangan Untuk Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Pohon Angka Di Tk Darurrahman Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). Bombik Modifikasi Pada Anak Kelompok Bermain Nur Hayati Ruqoyyah Fitri. 1–5.
Pfeifer, M. A., Reiter, E. M., Hendrickson, M. K., & Stanton, J. D. (2020). Speaking up: a model of self-advocacy for STEM undergraduates with ADHD and/or specific learning disabilities. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00233-4
Rahayu, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Media Manik-Manik Pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Plandirejo Kecamatan Bakung …. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Raihana Raihana, Alucyana Alucyana, Bahril Hidayat, Ihya Syafira, & Wirdatul Jannah. (2020). Peningkatan Pemahaman Program Bermain Anak Indoor Dan Outdoor Di Desa Koto Tuo Kecamatan Batang Peranap. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1). https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1871
Rohaeni, Enny Siti, Andi Gunadi, Paud Dharma, Bangsa Pamulang, and Tangerang Selatan. 2018. “Peningkatan pengenalan konsep bilangan melalui media fauna pantai pada anak usia 4-5 tahuN.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini II(1).
Septiyani, Fitrianna Kultum, Peduk Rintayati, and Siti Istiyati. 2018. “Pengaruh Board Games Terhadap Mathematic Ability Dalam Pengenalan Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Kumara Cendikia: Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 6(4).
Sihombing, Sardes Yunita, and Novera K. Maharani. 2020. “Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Wilayah Kelurahan Kebon Jeruk.” JCA Ekonomi 1(1).
Syafitri, Ockti, Rohita Rohita, and Nila Fitria. 2018. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 4 – 5 Tahun Di BKB PAUD Harapan Bangsa.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 4(3). doi: 10.36722/sh.v4i3.277.
Ramayulis. (2015). Mengenal Konsep Penambahan Dan Pengurangan Melalui Permainan Estimasi (Memperkirakan), Sebagai Tahap Awal Pengenalan Matematika Bagi Anak Usia Dini Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri 3 Kota Banda Aceh. Buah Hati Journal, Vol. 2 No. 1 (2015).
Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini. Nasional Pendidikan Dasar, 2015.
Rosalina, A., & Komalasari, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Bahasa Inggris Melalui Bernyanyi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 4(2).
Rosenfeld, M. (2017). Skills for School Readiness: Beliefs of New York City’s Pre-K Teachers. In ProQuest Dissertations and Theses.
Rosmiyati, & Sri Wahyuni. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjannah Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v2i02.2517
Rozi, F., Mubarak, A. F., & Humaidah, H. (2021). Penggunaan Media Permainan Bola Angka Terhadap Kemampuan Mengenalkan Konsep Bilangan 1-10 pada Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8339
Sandyprihati, D., Rasmani, U. E. E., & Hafidah, R. (2021). The Efektivitas Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. JIVJurnal Ilmiah Visi, 16(1). https://doi.org/10.21009/jiv.1601.7
Saputra, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Anak Taman Kanak-kanak (TK). Seminar Nasional Teknologi Infomasi Dan Komputer.
Sari, D. P., Sofia, A., & Fatmawati, N. (2019). PENGENALAN LAMBANG BILANGAN ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Sentosa, C. A. H. (2014). Mengatasi Kesulitan Mahasiswa Ketika Melakukan Pembuktian Matematis Formal. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 18(2). https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.3
Septiyani, F. K., Rintayati, P., & Istiyati, S. (2018). Pengaruh Board Games terhadap Mathematic Ability dalam Pengenalan Konsep Penjumlahan dan Pengurangan pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendikia: Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4).
Setyawan, F., & Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3490
Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610
Singh, S. (2008). Changes in literacy beliefs and practices of a kindergarten teacher: A three-year longitudinal study. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 68(11-A)
Sosial, J., & Vol, B. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Oleh : Tuti Andriani Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 9(1), 121–136.
Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.89
Susilawati. (2014). Penerapan Metoda Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif tentang Penerapan Metoda bernyanyi di PAUD Al Azhar Syfa Budi Parahyangan). Empowerment, 4(2252), 141–151.
Sutini, A., & Rahmawati, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran Bals. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49–60. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10519
Suyoto, S., & Rahayu, P. (2015). Upaya Peningkatan Pemahaman Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Matematika Melalui Pendekatan Multisensori Kelompok Bermain Tanjung Ria Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 1(1).
Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1). https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900
Talaga, K. J. (2016). An exploration of elementary teachers’ self-efficacy beliefs about teaching mathematics among teachers with advanced degrees. In Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences (Vol. 77, Issues 1-A(E)).
Tangio. (2015). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dikelas Vii Smp Negeri 1 Tapa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Titin, A., & Rachmi, T. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Bangsa Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1233
Umam, M. K. (2020). Implementasi Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V MI Tholibin Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. El-Mubtada: Journal of Elementary Islamic …, 1.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. AlAdabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01). https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Wardani, N. (2021). FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM UPOSATHA-SILA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 7(1). https://doi.org/10.53565/pssa.v7i1.260
Wardhono, W. S., Arwani, I., & Napitu, M. I. C. S. (2017). Gameplay Development of “Power Egg” As Interactive Learning Media of Arithmetic and Motoric Exercises for Elementary School Students. Innovation of Vocational Technology Education, 13(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v13i2.8269
Widiade, I. K. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Baca-Tulis Berbasis Sekolah Di Sdn 02 Dan 04 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Pendas: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 1(1). https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55
Widodo, S. A., Prihatiningsih, A., & Taufiq, I. (2021). Single subject research: Use of interactive video in children with developmental disabilities with dyscalculia to introduce natural numbers. Participatory Educational Research, 8(2). https://doi.org/10.17275/per.21.31.8.2
Widyastuti, A. (2018). Implementasi Program Parenting Tentang Stimulasi Membaca, Menulis, Berhitung Bagi Orang Tua Dan Guru Paud Limo Depok. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1). https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2170
Wiese, H. (2007). The co-evolution of number concepts and counting words. Lingua, 117(5). https://doi.org/10.1016/j.lingua.2006.03.001
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). IMPLEMENTASI PROJECT-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194
Zulfa, I. (2017). Implementasi Teori Perkembanga Kognitif Jean Piaget di TK Nafilah Malang. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1)
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110