KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DALAM PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) PADA PROSES PEMBELAJARAN

Fransiska Fransiska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan alat permainan edukatif sehingga dapat dilihat respon siswa ketika menggunakan alat permainan edukatif (APE) dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang terdiri dari 1 orang kepala TK, 2 orang guru dan 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kompetensi pedagogik dengan memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan menyediakan fasilitas pembelajaran berupa alat permainan edukatif (APE) yang terdiri dari balok permainan, lego dan lilin mainan. Guru berkomunikasi secara efektif, empati dan santun kepada peserta didik sehingga membuat peserta didik merasa nyaman dan guru menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik melalui aktivitas yang kreatif dalam mengajarkan huruf dan angka dengan menggunakan APE. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut maka kompetensi pedagogik guru merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang guru dan hal ini dapat terlihat dengan kompetensi guru menggunakan alat permainan edukatif sebagai media dalam pembelajaran

 


Full Text:

PDF

References


Akhsanti, M. S. (2014). Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Dalam Pengembangan Program Pembelajaran Anak Usia Dini. Early Childhood Education Papers. 3(2), 87-94.

Aziz, S. (2017). Starategi Pembelajaran Aktif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimadia.

Fakhruddin, A. U. (2019). Menjadi Guru PAUD. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Fitriana. D. A. (2019). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kompetensi Kognitif Bidang Pengembangan Geometri AUD TK A. Skripsi. Tidak di Terbitkan Univeversitas Negeri Malang.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Jakad Media Publishing.

Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Publishtang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Hayati, Z. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Dari Botol Plastik Dan Koran Bekas Untuk Meningkatkan Kreatifitas. Jurnal Pendidikan Anak. 5(1), 57-79.

Juliana, Marmawi, & Halida. (2017). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal FKIP Untan Pontianak.

Meizharini, S.A & Qalbi, Z. (2021).Pemahamn Guru Mengenai Keamanan Pada Alat Bermain Anak di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild. 10(1), 1-5.

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.

Riadi, A. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Ithihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15(28), 52-67.

Sari, F. K. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Berbasis Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas V Di Mi Ma’arif Watuagung Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Setiawan, E. (2018). Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Yogyakarta: Erlangga Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantittaif, Kualittaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y.N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat KabupatenBone. Jurnal Publikasi Pendidikan. 2(1), 59-67.

Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yolanda, E. 2019). Professional and Pedagogical Competence of Early Childhood Education Teachers in Millenial Era. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019). Atlantis Press




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

      

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt. 7 Ruang 701

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110