PEMANFAATAN SITUS RESMI OLEH HUMAS PEMERINTAH DALAM ACARA PEKAN KEBUDAYAAN NASIONAL

Dinar Fildzah, Gayatri Atmadi

Abstract


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) untuk pertama kalinya menyelenggarakan festival kebudayaan nasional bertingkat nasional, Pekan Kebudayaan Nasional. Humas pemerintah, khusunya humas Kemendikbud, melakukan publikasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan siaran pers. Siaran pers dikonstruksi dan dibingkai sedemikian rupa agar Pekan Kebudayaan Nasional dapat dipresentasikan ke publik dengan kesan dan citra yang positif. Maka dari itu, peneliti ingin melihat bagaiam konstruksi framing Pekan Kebudayaan Nasional oleh humas Kemendikbud dalam siaran pers pada website kemdikbud.go.id. Penelitian ini menggunakan teori, konsep, dan metode framing dan menggunakan data berupa siaran pers yang terkait dengan Pekan Kebudayaan Nasional yang terdapat pada website kemdikbud.go.id. Hasil penelitian menunjukkan siaran pers dibingkai oleh humas Kemdikbud bahwa Pekan Kebudaayaan Nasional sebagai upaya Kemendikbud dalam agenda pemajuan dan ketahanan kebudayaan dengan menampilkan keberagaman kegiatan yang diselenggarakan. Dalam membingkai siaran pers, humas Kemendikbud, banyak menggunakan kutipan sumber dan juga fitur nonverbal untuk menggambarkan Pekan Kebudayaan Nasional.


Keywords


humas pemerintah, pekan kebudayaan nasional, siaran pers, teori framing.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa dan Keputusan Konsumen serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana.

Eriyanto. 2018 . Analisis Framing. Yogyakarta: LKiS Group.

Ibad, Khoirul. Analisis Framing Berita Banjir Oleh Humas di Website Pemerintah Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi Volume 4 (No. 3), Samarinda: Universitas Mulawarman.

jdih.kemdikbud.go.id. diakses pada tanggal 20 Juni 2020 pukul 15.04

Kriyantono, Rachmat. 2018. Meneropong Praktik Public Relations di Indonesia dengan Teori dan Riset. Malang: UB Press.

Kriyanto, Rachmat . 2014. Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta : Kencana.

Mutmainah, Siti. 2011. Manajemen Impresi Perusahaan Rokok: Kajian Atas Pelaporan Sampoerna pada Website dengan Model SMCR BERLO. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Vol. 2, No. 2, Agustus 2011, hlm. 239-260.

Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research and Evaluation Methods, 3rd Edition. California: Sage Publications, Inc.

Prasatya, Narayana Mahendra. 2016. Analisis Framing dalam Riset Public Relations. Kajian Ilmu Komunikasi. Vol. 46 No. 2, 2016.

Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas dan Komunikasi, konsepsi, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siswanto, Belinda Devi Larasati & Firdha Zulivia Abraham. 2016. Peran Humas Pemerintah Sebagai Fasilitator Komunikasi pada Biro Humas Pemprov Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi. Vol. 19 No. 1, Juli 2016.

Tentang PKN, https://pkn.id/tentang-pkn/ diakses pada 14 September 2020

Tika Anggreni Purba. 2019. ”Kemendikbud Bakal Gelar Pekan Kebudayaan Nasional”. https://kabar24.bisnis.com/read/20191002/79/1154777/kemendikbud-bakal-gelar-pekan-kebudayaan-nasional diakses pada 14 September 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.