


Berita climate change dari media massa online seharusnya menyadarkan pembacanya untuk was-was terhadap ancaman yang terjadi dan terbukti di beberapa wilayah Indonesia fenomena ekstrim seperti suhu panas yang tinggi, kekeringan, hujan disertai angin putting beliung yang sebelumnya jarang pernah terjadi. Namun, keadaan tersebut belum memberikan pengetahuan ataupun pemahaman kepada masyarakat khususnya mahasiswa di kota Depok walaupun priming berita Koran Tempo mengenai perubahan tersebut beberapa kali dihadirkan sepamjamg 2023.Penelitian dilakukan melalui metode kualitatif eksploratif dengan responden mahasiswa sehingga menumbuhkan pemahaman terhadap keperdulian lingkungan, dan melakukan tindakan. Penelitian menunjukkan priming berita belum berhasil membangkitkan kembali pengetahuannya mengenai perubahan iklim karena belum menginterpretasikan secara menyeluruh dampak perubahan tersebut karena kelalain manusia. Bagi responden berita harus informasi yang ingin diketahui, menarik, sedang happening, viral, dan word of mouth. Priming media perubahan iklim dianggap kurang menarik Media massa digital untuk menjadi teman baca mahasiswa perlu memperhatikan kebiasaan mereka dalam menikmati atau mengkonsumsi berita. Banyaknya media digital yang memudahkan mereka mendapatkan berita, mereka ternyata tidak memiliki media fanatic terhadap satu atau dua media massa online. Bagi mereka, asal beritanya sesuai dengan kebutuhannya dan sedang ramai dibicarakan maka menjadi prioritas dibaca dan dipahami. Sebaiknya, berita climate change dikemas sesuai cara mereka menikmati keseharian gaya hidup mereka.
Kata kunci:
Alberts, Jess K. , Thomas K. Nakayama, Judith N. Martin. (2012). Human Communication In Society, 3rd edition. Upper Saddle River : Pearson.
Asep Firmansyah. Kepala BMKG: Gen Z dan Alpha paling terdampak perubahan iklim. Kamis, 22 Agustus 2024 10:28 WIB. https://www.antaranews.com/berita/4278439/kepala-bmkg-gen-z-dan-alpha-paling-terdampak-perubahan-iklim
Baran, Stanley J., Dennis K. Davis. (2015). Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future, Seventh Edition. Stamford : Cengage
Campbell, Richard, Christopher R. Martin, Bettina Fabos, “Media & Culture: Mass Communication in A Digital Age”. Bedford/St.Martin’s. Boston, New York, 2016
Dewi, Anita Permata. Kepala BMKG paparkan pentingnya pemahaman informasi iklim. Selasa, 20 Agustus 2024 17:59 WIB. https://www.antaranews.com/berita/4274347/kepala-bmkg-paparkan-pentingnya-pemahaman-informasi-iklim
Griffin, Em, Andrew Ledbetter, Glenn Sparks.(2018). A First Look At Communication Theory, Tenth Edition. New York : McGraw-Hill
Jensen, Klaus Bruhn A Handbook of Media and Communication Research Qualitative and Quantitative Methodologies, 3rd Edition. Taylor & Francis. London, 2021
McQuail, Denis, Mark Deuze. (2020). Mcquail’s Media & Mass Communication Theory, Seventh Edition. London : Sage
Nasser M, Tibi A, Savage-Smith E. Ibn Sina's Canon of Medicine: 11th century rules for assessing the effects of drugs. J R Soc Med 2009;102: 78-80. https://doi.org/10.1258%2Fjrsm.2008.08k040
Nasa. What is Climate Change? https://science.nasa.gov/climate-change/what-is-climate-change/
Oliver, Mary Beth, Arthur A. Raney, Jennings Bryant (edited by). (2020). Media Effects Advances in Theory and Research, Fourth Edition. New York : Routledge [8]
Salabai, Oksana. Indonesia: Climate Change Challenges. https://moderndiplomacy.eu/2023/03/23/indonesia-climate-change-challenges/
Simon H. Lee, Hayley J. Fowler, Paul Davies. The climate is changing so fast that we haven’t seen how bad extreme weather could get. July 30, 2024 11.51pm. https://theconversation.com/the-climate-is-changing-so-fast-that-we-havent-seen-how-bad-extreme-weather-could-get-235726
Wood, Julia T. (2017). Communication in Our Lives, Eighth Edition. Boston : Cengage