Pengaruh Iklan YouTube Lazada “Pengiriman Cepat Gratis Ongkir Terhadap Brand Awareness Pada Gen Z di Bogor

Dea Arneta Setyovani, Rizky Fauzi

Abstract


Abstrak. Pertumbuhan pengguna e-commerce di Indonesia terus meningkat, mencapai 196,47 juta orang pada tahun 2023 dengan peningkatan 9,8% dari tahun sebelumnya. Diprediksi bahwa jumlah pengguna akan mencapai 208,55 juta pada akhir tahun 2024. Dampak pertumbuhan e-commerce yang pesat di Indonesia telah memicu persaingan bisnis yang semakin ketat di antara perusahaan-perusahaan di sektor ini, mendorong mereka untuk memperkuat merek mereka melalui periklanan strategis, termasuk melalui platform YouTube. Sebagai salah satu pemain utama e-commerce di Indonesia, Lazada telah menggunakan platform YouTube untuk mempromosikan mereknya. Salah satu iklan Lazada yang menampilkan Isyana Sarasvati dengan pesan "Pengiriman Cepat Gratis Ongkir" telah menarik perhatian banyak orang, dengan lebih dari 319 juta persembahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan YouTube Lazada "Pengiriman Cepat Gratis Ongkir" terhadap brand awareness di kalangan Gen Z di Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan non-probability sampling dengan teknik Convenience Sampling disebarkan kepada 100 responden, di mana pengisi kuesioner dengan kriterianya adalah responden pengguna YouTube, paparan iklan Lazada “Pengiriman Cepat Gratis Ongkir”, generasi Z dengan usia 18-26 tahun, dan berdomisili di Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Iklan YouTube Lazada "Pengiriman Cepat Gratis Ongkir" memiliki pengaruh yang lemah terhadap Brand Awareness pada kategori brand recognition pada kalangan generasi Z di Bogor

Keywords


Iklan Youtube, Brand Awareness, Lazada

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36722/cl.v10i1.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.