Pemanfaatan Second Account untuk Personal Branding

Rihadatul Wasilah, Nana Sutikna, Mite Setiansah

Abstract


Menganalisis apa saja yang menjadi faktor para remaja memiliki akun kedua dan menjadikan akun kedua tersebut sebagai wadah untuk personal branding. Personal branding sendiri pada penelitian ini disebut bahwa, remaja yang memiliki akun kedua dapat lebih merasa bebas, aman, dan nyaman dalam mengekspresikan dirinya melalui sebuah postingan.

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20-30.

Althof, S. V. F. (2022). ANALYSIS OF SOCIAL MEDIA USAGE AND ISLAMIC HUMAN VALUE TOWARDS PERSONAL BRANDING FOR CAREER SUCCESS OF MILLENNIAL MUSLIM GENERATION (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG).

Asmarani, A., & Della Shafira, S. (2022). Media Sosial Instagram Untuk Mendukung Eksistensi Diri@ Sholahayub. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 4(1), 512-530.

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1-16.

Dewi, R., & Janitra, P. A. (2018). Dramaturgi dalam media sosial: Second account di Instagram sebagai Alter Ego. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 7(1), 340-347.

Kusyanti, A., & Safitri, O. (2016). How Do I Look: Self-Disclosure of Instagram Users in Indonesia. Journal of Education and Social Sciences, 5(2), 242-247.

Latifah, U., & Imanda, A. M. (2022). Analisis Strategi Impression Management dalam Membentuk Personal Branding Selebgram melalui Instagram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15765-15777.

Mujianto, H., Nurhadi, Z. F., & Kharismawati, K. (2021). Instagram Sebagai Media Pembentuk Personal Branding. Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 5(2), 154-169.

Pamungkas, I. R., & Lailiyah, N. (2019). Presentasi Diri Pemilik Dua AKun Instagram di Akun Utama dan Akun Alter. Interaksi Online, 7(4), 371-376.

Purwaningtyas, M. P. F., & Alicya, D. A. (2020). The fragmented self: having multiple accounts in Instagram usage practice among Indonesian youth. Jurnal Media Dan Komunikasi Indonesia, 1(2), 171-182.

Putri, D. M., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., & Putri, S. A. (2022). Personal Branding Politikus Melalui Media Sosial. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(2), 195-207.

Rakanda, D. R. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Generasi Z atau Igeneration di Desa Cawas (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta).

Rini, L. N., & Manalu, S. R. (2020). Memahami Penggunaan dan Motivasi Akun Anonim Instagram di Kalangan Remaja. Interaksi Online, 9(1), 85-97.

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207-214.

Salam, O. D. (2020). Personal Branding Digital Natives di Era Komunikasi Media Baru (Analisis Personal Branding di Media Sosial Instagram). Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 2(1), 19-30.

Wilandari, A., Helmy, M. S., & Windasari, V. (2021). Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Personal Branding Di Kalangan Milenial Pada Panti Asuhan Ar-Ridho Depok. Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 58-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/cl.v10i2.2704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.