Pengaruh Intensitas penggunaan instagram terhadap eksistensi diri pada siswa siswi SMK

Ishmah Nur Fadzilah, Euis Nurul Bahriyah, Resman M Tambunan, Safiani A Faaroek

Abstract


Instagram merupakan media sosial yang banyak diminati para remaja. Hal ini dikarenakan instagram lebih fokus pada foto dan video dibandingkan dengan media sosial lainnya. Hal ini memuncukan eksistensi pada setiap pengguna akun instagram lewat foto dan video yang menarik. Terdapat dalah satu faktor eksistensi diri yaitu angka pada akun instagram pengguna. Oleh karena itu hal ini menjadi latar belakang peneliti untuk meneliti. Pada penelitian ini teori yang digunakan yaitu sirkular teori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan instagram terhadap eksistensi diri pada siswa-siswi SMK Telkom Jakarta. Variabel Independen penelitian ini yaitu intensitas penggunaan instagram, variabel dependen penelitian ini adalah eksistensi diri. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi di SMK Telkom Jakarta yang aktif menggunakan aplikasi instagram. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Formula Slovin. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Sederhana.

 

Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan instagram berpengaruh secara positif dan kurang signifikan terhadap eksistensi diri, hal ini dapat dilihat dari pengolahan data, angka signifikansi menunjukkan sebesar 0,000 yang berarti < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa intensitas penggunaan instagram berpengaruh terhadap eksistensi diri. Atau Ha diterima dan Ho ditolak. Untuk nilai koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,253 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh Intensitas penggunaan instagram terhadap Eksistensi diri adalah sebesar 25,3%, yang berarti termasuk dalam pengaruh kategori rendah.


Keywords


Pengaruh, Instagram, Eksistensi Diri

Full Text:

PDF

References


AAN Syamsudin Munawar. Metode Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Abidin, Zainal. Analisis Eksistensial: Sebuah Pendekatan Alternatif untuk Psikologi dan Psikiatri. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta, 2007.

Ardianto, Elvinaro. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media. 2007

Bambang Dwi, Atmoko, Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Mediakita, 2012.

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Friedman, H.S & M.W. Schustack. Kepribadian : Teori Klasik dan Riset Modern Edisi Ketiga Jilid 1. Terj dari Personality : Classis Theories and Modern Research oleh Fransiskian Ikarini, S.pi, Maria Hany & Andreas Provita Prima. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2008

Junaidi Chaniago. Tabel r (Koefisien Korelasi Sederhana ) df = 1-200. Jakarta. 2010 Kierkegaard, S. A. The Journals of Seren

Kierkegaard, Translated and edited by AlexanderDru. London : Collins. 1960

Kriyantono. Public Relations & Crisis Management : Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Krisis & Kualitatif. Jakarta : Kemcana. 2012

Liliweri, Alo. Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003

McQuail, D. Teori Komunikasi Massa McQuail.

Jakarta : Salemba Humanika, 2011.

Nasrullah, Rulli. Media sosial: Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatam Media, 2016.

Neuman, W. Lawrence. Social Research Methods

: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Allyn and Bacon.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta : Kencana. 2011.

Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. 2016.

Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Ed. I, Jakarta: Kencana, 2012. Saifuddin Azwar. Reliabilitas dan Validitas.

Yogyakarta : Pustaka Belajar. 2000.

Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurrahman, Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi Aplikasi Program SPPS. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS, Jakarta: Kencana, 2017.

Toto Syatori Nasehudin dan Nanang Gozali, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Jurnal :

Adrian Mailoor. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Snapchat Terhadap Pengungkapan Diri Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. (Jurnal Universitas Sam Ratulangi 2017)

Akbar. “Pengaruh Intensitas Penggunaan Instagram Story Terhadap Eksistensi Diri Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta” (Jurnal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Ibrahim, Ali , dkk. “Dampak Penggunaan Instagram sebagai Media Pencitraan pada Kalangan Remaja di Palembang”. Vol. 5. No.1, 2019.

Regina Suci Prima Yuni dan Adi Cilik Prierewan, “Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Disiplin Belajar Siswa”, (Jurnal Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Yogyakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.