Penerapan Metode Simulasi Pra-Praktikum Menggunakan Graphic User Interface (GUI) dan FDATOOL, Matlab

Octarina Nur Samijayani, Dwi Astharini

Abstract


Dalam rangka upaya meningkatkan metode pengajaran, penerapan metode simulasi berbasis komputer pada tahap pra-praktikum telah diuji coba untuk Praktikum Telekomunikasi pada semester genap tahun ajaran 2010/2011. Simulasi mengenai materi yang akan dipraktekkan diberikan sebelum praktikum sebenarnya dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dengan teknik survei kuesioner, dapat disimpulkan bahwa metode simulasi pada tahap pra-praktikum ini memberikan manfaat utama yaitu menumbuhkan ketertarikan mahasiswa untuk melakukan praktikum serta dapat membantu persiapan materi oleh para praktikan sebelum praktikum dimulai. Secara keseluruhan, penerapan metode simulasi dinilai baik untuk dilakukan untuk dapat memberi manfaat positif bagi pelaksanaan praktikum, dan tentunya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa akan materi yang diajarkan.

Abstract

The improvement of teaching method with simulation computer based have been implemented for Telecommunication System subject course in University Al Azhar Indonesia, year of 2010/2011. The simulation is presented before the laboratory experiment using the real equipments. The evaluation brings the conclusion that the simulation as the preliminary stage done before the laboratory experiment is useful and brings more benefits. The main contribution is to raise the interest of students to do the laboratory experiment and also to help the preparation before the experiment. As the conclusion, this simulation learning method is useful and gives positive result to increase the understanding of student.


Full Text:

PREVIEW DOCUMENT


DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v1i4.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor

 This work is licensed under CC BY 4.0