Perancangan Strategi Penjualan Menggunakan Dinamika Sistem Pada CV. Gajah Mungkur

Maulana Hassan Syafrudin, Nunung Nurhasanah

Abstract


AbstrakCV. Gajah Mungkur adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bordir kain. Perusahaan ini mengalami pasang surut penjualan produknya selama dua tahun terakhir. Untuk itu dalam penelitian ini menggunakan strategi seperti analisis SWOT sebagai pendekatan perusahaan menghadapi persaingan bisnis penjualan serta pendekatan dinamika sistem dalam memberikan rekomendasi terhadap keputusan atau kebijakan perusahaan terkait nilai omset penjualan dan nilai profit perusahan yang dipengaruhi oleh faktor ketidakpastian (uncertainty). Berdasarkan hasil pengolahan ANP dengan software Super Decisions, didapatkan bahwa alternatif strategi yang tepat bagi perusahaan CV. Gajah Mungkur untuk melanjutkan proses bisnisnya yang lebih baik adalah dengan cara memberikan promo diskon dan melakukan pemasaran secara online. Berdasarkan analisis output hasil simulasi skenario, bahwa bila perusahaan menerapkan skenario diskon harga produk sebesar 5% perusahaan akan mendapatkan penambahan jumlah penjualan sebanyak 139.258 unit. Kemudian bila perusahaan menerapkan skenario diskon produk sebesar 10% perusahaan akan mendapatkan penambahan jumlah penjualan sebanyak 151.918 unit. Selanjutnya adalah bila perusahaan menerapkan skenario diskon produk sebesar 15% perusahaan akan mendapatkan penambahan jumlah penjualan sebanyak 164.577 unit. Selain itu bila perusahaan menerapkan pemasaran secara online, bila perusahaan menerapkan promosi online salah satunya di online shop shopee maka perusahaan akan mendapatkan penambahan jumlah penjualan sebanyak 174.533 unit.

Abstract - CV. Gajah Mungkur is one of the companies engaged in fabric embroidery. This company has experienced ups and downs in the sales of its products as per the data for the last two years. For this reason, this study uses strategies such as SWOT analysis as a company approach to dealing with sales business competition as well as a system dynamic approach in providing recommendations on company decisions or policies related to the value of sales turnover and the value of company profits which are influenced by uncertainty factors. The results of this study are based on the results of ANP processing with Super Decisions, it was found that the right alternative strategy for CV. Gajah Mungkur, to continue its better business process, is by providing discount promos and marketing online. Based on the output analysis scenario simulation results, that if the company applies a 5% discount on product price scenarios, the company will get an additional sales volume of 139,258 units. Then if the company applies a product discount scenario of 10%, the company will get an additional sales number of 151,918 units. Furthermore, if the company applies a product discount scenario of 15%, the company will get an additional sales number of 164,577 units. Besides, if the company implements online marketing, if the company implements online promotions, one of which is the online shopee, the company will get an additional sales number of 174,533 unit.

Keywords - SWOT, ANP, System Dynamics Simulation.


Full Text:

PDF

References


A. Sofjan, Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan Sebelas, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2011.

F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedakan Kasus Bisnis; Cetakan Ke- 20, Jakarta: Pustaka Utama, 2015.

T. L. Saaty, Theory and Applications of the Analytic Network Process: Decision Making With Benefits, Opportunities, Costs, and Risks, Pittsburgh, PA: RWS Publications 2005, 2005.

Y. Asyiawati, "Pendekatan Sistem Dinamik Dalam Penataan Ruang Wilayah Pesisir (Studi Kasus: Wilayah Pesisir Kabupaten Bantul,Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)," Intitut Pertanian Bogor, Bogor, 2002.

Hartrisari, Dinamika Sistem: Konsep Sistem dan Pemodelan untuk Industri dan Lingkungan, Bogor: SEAMEO BIOTROP, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v5i4.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor