Identifikasi Kebutuhan Konsumen Produk Mobil Etios Valco Di PT. TMMIN

Ainul Haq, Joerike Joeliana Aditio

Abstract


Abstrak - Atribut kebutuhan konsumen merupakan hal yang penting dalam kesuksesan suatu produk. Atribut kebutuhan konsumen ini berguna untuk mengetahui apa saja keinginan dan harapan konsumen akan suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Sehingga kedepannya produk yang dihasilkan oleh perusahaan akan diminati oleh konsumen serta menarik konsumen untuk membelinya. Selain itu perusahaan akan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya dan membuat produknya lebih unggul. PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Industri Otomotif. Berdasarkan latar belakang masalah, terdapat 33 atribut kebutuhan konsumen yang akan diidentifikasi, dengan terlebih dahulu dilakukan beberapa uji yaitu uji kecukupan data, uji validitas, dan uji reliabilitas, dengan menggunakan software SPSS 16.0. Berdasarkan hasil beberapa uji tersebut, atribut kebutuhan konsumen semuanya dapat lolos ke tahap selanjutnya. Kemudian akan dilanjutkan ke tingkat kepentingan konsumen dengan melihat dari skala likertnya. Prioritas yang didapat dari hasil tingkat kepentingan konsumen dengan skala likert pada atribut kebutuhan konsumen adalah pemberian garansi terhadap kerusakan mobil dalam waktu yang lama (3 tahun), sistem pengereman auto break system dan tersedianya bengkel resmi di berbagai tempat. Sebaiknya untuk perbaikan yaitu perusahaan melakukan perkembangan sesuai dengan prioritas yang konsumen inginkan dan selanjutnya bisa merujuk ke perkembangan atribut-atribut kebutuhan konsumen yang lainnya.

Abstract - Consumer needs attributes are important in the success of a product. This consumer needs attribute is useful to find out what consumer desires and expectations for a product produced by the company. So that in the future the products produced by the company will be in demand by consumers and attract consumers to buy them. In addition, the company will be able to compete with other companies and make its products superior. PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) is a company engaged in the Automotive Industry. Based on the background of the problem, there are 33 attributes of consumer needs that will be identified, by first doing several tests, namely the data adequacy test, validity test, and reliability testing, using SPSS 16.0 software. Based on the results of several tests, the attributes of consumer needs can all pass to the next stage. Then it will continue to the level of consumer interest by looking at the likert scale. Priority obtained from the results of the level of consumer interest with a likert scale on the attributes of consumer needs is a guarantee of damage to the car in a long time (3 years), auto break system braking system and availability of official workshops in various places. It is better to improve that the company develops according to the priorities that consumers want and can then refer to the development of the attributes of other consumer needs.

Keywords - Consumer Needs Attributes, Priorities


Full Text:

PDF

References


A. P. Irawan. Perancangan dan Pengembangan Produk Manufaktur.

Jakarta: ANDI. 2017.

V. W. Sujarweni, Statistika untuk Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu,

D. Priyatno, 2012, Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS,

Jakarta: ANDI, 2012.

J. Luhulima, Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri ini, Jakarta:

Kompas Media Nusantara, 2012.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (4th ed.),

Semarang: Badan Penerbit-Undip, 2002.

A. F. Falatehan, Analytical Hierarchy Process (AHP), Yogyakarta:

Indomedia Pustaka, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i4.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor

 This work is licensed under CC BY 4.0