Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Daur Ulang Sampah pada Siswa Sekolah Dasar di SDN 03 Cempaka Putih, Ciputat, Tangerang Selatan
Abstract
Abstrak - Telah dilakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan daur ulang sampah bagi siswa sekolah dasar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang sampah dan daur ulang sampah kepada anak-anak. Manfaat kegiatan ini yaitu dapat berkontribusi pada pengurangan sampah tidak yang tidak membusuk dan memberikan pengetahuan dalam penanganan sampah sejak dini sehingga terwujud generasi yang peduli terhadap sampah. Kegiatan berlokasi di SD Negeri 03 Cempaka Putih Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Siswa yang terlibat yaitu kelas 4 dan 5, berjumlah sekitar 60 orang. Metode yang dilakukan yaitu sosialisasi program, peningkatan pemahaman siswa, dan monitoring. Sosialisasi program dilakukan dengan memberikan materi di kelas secara interaktif. Pemahaman siswa dapat diketahui dengan mengadakan lomba daur ulang sampah yaitu melihat produk kreativitas siswa untuk mengubah sampah menjadi benda yang berguna. Kegiatan monitoring dilaksanakan setelah seluruh rangkaian kegiatan selesai, dengan mengamati perubahan perilaku siswa untuk memanfaatkan sampah di sekitarnya. Berdasarkan pengamatan di lokasi didapatkan bahwa pemahaman siswa untuk mendaur ulang sampah dan mengembangkan ide kreatif mengubah sampah menjadi benda yang bermanfaat meningkat.
Kata Kunci – Siswa Sekolah Dasar, Daur Ulang, Sampah
Abstract - Socialization and recycling training for elementary school students has been carried out. The aim of activities were to improve insights on garbage and recycling waste to children. The benefit of this activity was that it can contribute to the reduction of non-decaying waste and provide knowledge in the handling of garbage from an early age so that we could have generation who cares about the waste. The activity was located at SD Negeri 03 Cempaka Putih Ciputat Timur, South Tangerang. The students involved were 4th and 5th grade, about 60 children. The methods used were the socialization of the program, improving students understanding, and monitoring. Socialization of the program was done by giving the material in the class interactively. Understanding students could be known by holding waste recycling contest that looked at student’s creativity products to convert waste into useful objects. Monitoring activities were carried out after the entire series of activities had been completed, by observing changes in student behavior to utilize the surrounding waste. Based on on-site observation it was found that student’s understanding to recycle garbage and develop creative ideas transformed waste into useful items increased.
Keyword - Elementary students, recycle, garbage
Full Text:
PDFReferences
World Waste Facts. 2016. The World Counts. http://www.theworldcounts.com /counters/shocking_environmental_facts_and_statistics/world_waste_facts.(Diakses pada 7 Oktober 2016).
Ashari, M. 2015. Anggaran Terbatas, Pengelolaan Sampah Plastik Tidak Maksimal. http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2015/12/14/353654/anggaran-terbatas-pengelolaan-sampah-tidak-maksimal.(Diakses pada 7 Oktober 2016)
Suriyani, D.L. 2016. Melihat Sampah yang Artistik dan Trendi di TrashStock. http://www.mongabay.co.id/tag/daur-ulang-sampah/. (Diakses pada 7 Oktober 2016)
Miller Jr, G.T., 1997. Environment Science. Sixth Edition. United States of America: Wadsworth Publishing Company. Hal:335-346.
Suryati,T. 2009. Bijak & Cerdas Mengolah Sampah, Membuat Kompos Dari sampah Rumah Tangga. Jakarta: Agro Media Pustaka.
Basriyanta. 2007. Memanen Sampah. Yogyakarta: Kanisius. Hal:18-19.
Zulkifli, A. 2014. Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Salemba Teknika.
Warsidi, E. 2009. Mengolah Sampah Menjadi Kompos. Bekasi: Mitra Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i2.269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
This work is licensed under CC BY 4.0