Aplikasi SMS Gateway Quick Count Pemilu Berbasiskan PHP

Rifqi Abi Karami

Abstract


Abstrak - Manusia pada dasarnya adalah mahkluk sosial, menjalin sebuah komunikasi yang baik menjadi hal penting dan mutlak dalam membangun sebuah ranah dan komunitas sosial yang baik. Manusia juga merupakan makhluk yang berkelompok sehingga didalam tatanan masyarakat dalam sebuah perkumpulan haruslah terdapat seorang pemimpin dalam kelompok tersebut. Adanya seorang pemimpin menjadikan terciptanya struktur dan rangka kehidupan yang jelas sehingga keberlangsungan kehidupan dapat berjalan dengan baik. Perhitungan suara cepat (Quick Count); atau dikenal sebagai tabulasi suara parallel (Parallel Vote Tabulation) merupakan salah satu metode yang berguna untuk memantau pada hari pemungutan suara. Pada dasarnya Quick Count ini adalah sebuah proses pengumpulan  informasi oleh relawan melalui pemantauan langsung pada saat pemungutan suara dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah ditentukan. Sehingga Quick Count adalah proses perhitungan hasil suara berdasarkan sampel yang dikirim relawan kepada server pusat di TPS yang sudah ditentukan bukan total hasil tabulasi yang dilakukan resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 

Kata Kunci - Quick Count, Komisi Pemilihan Umum, Tempat Pemungutan Suara.

 

Abstract - Humans are basically social beings, establishing a good communication becomes an important and absolute in building a good domain and social community. Human being is also a group that in the society in a gathering there must be a leader in the group. The existence of a leader makes the creation of structure and order of life is clear so that the survival of life can run well. Quick Count; otherwise known as parallel voting tabulation (Parallel Vote Tabulation) is one useful method to monitor on voting day. Quick Count Basically this is a process of gathering information by volunteers through direct monitoring during voting and counting at polling stations (TPS) that have been determined. So the Quick Count is the process of calculating the result of the vote based on the sample sent by the volunteer to the central server at the specified TPS, not the total tabulation result done by the General Election Commission (KPU).

 

Keywords – Quick Count, General Election Commission, Polling Stations

Full Text:

PDF

References


Indra. 2013. Aplikasi Quick Count Untuk Pilkada Dengan Metode Systematic Random Sampling Berbasis Sms

Estok M, Nevitte N & Cowan G. 2002. The Quick Count and Election Observation. Washington: NDI

Menentukan Sampel untuk Quick Count Pilpres(n.d).http://aswandi.or.id/2014/07/13/menentukan-sampel-untuk-quick-count-pilpres/. (Diakses pada 24 Desember 2015)

Kismiantini. 2007. Pengumpulan Data Dengan Quick Count Dan Exit Poll.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i2.261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor