Implementasi Antena dan Perancangan Robot Sederhana dari Bahan Daur Ulang di Sekolah Tunas Alam Bekasi

Suci Rahmatia, Putri Wulandari, Sa’adah Sa’adah, Satyo Pradana, Octarina Nur Samijayani

Abstract


Abstrak - Pemanfaatan kembali barang bekas dapat diimplementasikan untuk kegunaan sehari hari. Penelitian berbasis pengabdian masyarakat ini mengimplementasikan desain antenna untuk televisi pada frekuensi 470 – 890 MHz, dan perancangan robotic sederhana yakni Line Follower Robot, Brushbot, dan Waterlamp. Implementasi abdima untuk desain antenna dan robot sederhana ini bertempat di Sekolah Tunas Alam Bekasi, yakni tempat belajar disekitar pembuangan sampah, Bantar Gebang. Pada paper ini dianalisa lebih khusus mengenai desain antenna untuk TV yakni jenis yagi yang bekerja pada frekuensi 470 – 890 MHz dengan menggunakan dua bahan material yang berbeda. Bahan material yang akan dipakai adalah aluminium dan tembaga. Perbedaan nilai permitifitas () dari bahan alumunium dan tembaga ini akan menghasilkan beberapa parameter antenna yang berbeda-beda, meliputi VSWR, S-Parameter, Farfield dan Gain. Dari hasil simulasi yang dilakukan, diketahui bahwa antenna yagi yang menggunakan bahan alumunium memiliki bandwidth yang lebih besar sehingga dapat menangkap stasiun televisi yang lebih banyak.

 

Kata KunciAntena Televisi, Yagi Antenna, Robot Sederhana.

 

Abstract - Reusing of used goods can be implemented for daily use. This community-based research implements antenna design for television at frequencies from 470 - 890 MHz, and simple robotic design of Line Follower Robot, Brushbot, dan Waterlamp. Implementation abdima for design of antenna and simple robot is located at Sekolah Tunas Alam Bekasi, which is place to learn around garbage disposal, Bantar Gebang. In this paper we analyzed more specifically about the design of antenna for TV that is yagi type that work on frequency 470 - 890 MHz by using two different material. Materials to be used are aluminum and copper. This difference in permitability value (ε) from aluminum and copper material will produce several different antenna parameters, including VSWR, S-Parameter, Farfield and Gain. From the simulation results, it is known that yagi antenna using aluminum material has a larger bandwidth so it can capture more television stations.

Keyword - Television Antenna, Yagi Antenna, Simple Robot.

Full Text:

PDF

References


Marsahala Situmorang, Perancangan dan Realisasi Antena Microstrip Patch Segitiga Mimo 2x2 pada Frekuensi 2,3 GHz untuk Aplikasi LTE, 2015.

Balanis, Constantine A. “Antena Theory : Analysis and Design”. USA: John Willey and Sons. 2005.

Alaydrus, Mudrik. Antena Prinsip & Aplikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.2011.

Fulton,Darren. Design 13 Element Yagi Antenna For 2.4 GHz WLANs, Melbourne: Melbourne Wireless. 2002.

Simanjuntak, Tiur LH. Dasar-Dasar Telekomunikasi, Bandung: Alumni. 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v3i2.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Visitor