Penggunaan Daya Tarik Emosional pada Iklan Pajak di Televisi

Damayanti Wardyaningrum

Abstract


Bagi produsen tayangan iklan memiliki tujuan antara lain sebagai sumber informasi, membujuk konsumen untuk membeli atau sekedar sebagai pengingat atas keberadaan suatu produk dan jasa. Demikian pula halnya dengan iklan layanan  masyarakat di televisi. Karena iklan di televisi dianggap memiliki kekuatan dibandingkan media lainnya maka untuk membujuk masyarakat agar merubah sikap atau melakukan  tindakan tertentu maka pemerintah juga menggunakan iklan televisi untuk menyampaikan program-programnya. Pajak sebagai salah satu komponen pendapatan tertinggi bagi negara disosialisasikan oleh pemerintah melalui  iklan ditelevisi. Pemerintah menggunakan iklan dalam beberapa versi dengan tujuan agar masyarakat mau membayar pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik atau pendekatan yang digunakan dalam iklan pajak. Dalam penelitian ini  digunakan tiga versi iklan pajak yaitu versi anak sekolah, versi pengusaha kafe dan versi anti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Iklan ditayangkan pada tahun 2010 dan pada saat itu Direktorat Jendral Pajak  sedang menghadapi kasus yang menarik perhatian masyarakat korupsi yang dilakukan oleh salah seorang pagawainya. Dari penelitian terhadap ketiga jenis iklan dengan menggunakan metode semiotika ditemukan bahwa dalam scene-scene yang ditayangkan dominan menggunakan  daya tarik emosional dan tujuan iklannya bersifat membujuk. Elemen emosional mendominasi hampir seluruh scene dan sedikit sekali menekankan aspek rasional atau daya tarik iklan lainnya yang juga diperlukan dalam iklan sejenis yang berupa himbauan untuk melakukan kewajiban bagi warga negara.

Abstract

Advertising has some objectives for producer, to give some information for potential consumer, persuade consumer to buy the product or services, and as reminder. Public service advertising in television produced by the government has almost the same objectives. Since television has some advantages comparing to other medium such as radio, magazine, news paper and internet, the government socializing their program using television program. Government tax program is one of the public service advertising for influencing the audiens to meet their obligation for the tax payment. These research aim to analyze the advertising appeal in the tax program advertising for the three version, elementary student version,  the café owner, and  no corruption, no collusion and no nepotism. The methode use for analyzing is semiotichs methode. The result indicates that emotional appeals are dominates in advertising of the government tax program.


Full Text:

PREVIEW DOCUMENT

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2356-0185

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA