Evaluasi Proses Belajar-Mengajar (PBM) Berbasis Sikap (attitude) untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis

Hassanuddin Z. Hassan

Abstract


Rancangan Proses Belajar-Mengajar (PBM) yang ditawarkan meliputi unsur-unsur pedagogi pengajaran sedemikian rupa sehingga memenuhi pengajaran bagi ke-3 unsur sikap (attitude) seorang manusia, yaitu: rasionalitas (cognitive), rasa (affective), dan perilaku (behavior) yang dirangkum dalam sebuah kerangka pengajaran berbentuk pembelajaran aktif (active learning), sehingga materi yang relatif padat dan diberikan dalam waktu yang relatif singkat, tetap dapat dipertanggung-jawabkan kemangkusan (effectiveness) dan kesangkilannya (efficiency) serta terarah dan terukur. Hasil rancangan tersebut dituangkan dalam SAP Mata Kuliah Dasar-dasar Bisnis Semester Ganjil Tahun Akademik 2009-2010 untuk kemudian di akhir semester dilakukan pengukuran melalui 7 alat ukur: daya serap, skor dosen, tingkat kahadiran, penggunaan       e-learning, kemampuan peserta-didik menerangkan materi, penggunaan bahan perkuliahan di luar rujukan, sosialisasi SAP. Temuan yang diperoleh adalah 5 dari alat ukur mendukung rancangan, yaitu: daya serap, skor dosen, tingkat kehadiran, kemampuan peserta-didik menerangkan materi, dan penggunaan bahan perkuliahan di luar rujukan. Sedangkan 2 alat ukur kurang mendukung rancangan tersebut, yaitu: penggunaan e-learning dan sosialisasi SAP.

 AbstractsWe offer a design of learning process that teach all of attitude factors (cognitive, affective, and behavior) and blend it with an active learning approach, therefore, all the bold of learning materials could be delivered to the students effectively and efficiently also objectively clear and measurable as well. The design was implemented as SAP on the subject named Dasar-dasar Bisnis was introduced in 1stsemester on 2009-2010 academic years then measured at the end of semester with 7 points of measurement. 5 points that support the design were: knowableness, lecturer’s score, absenteeism, presentation skill, and search for more references. Meanwhile another 2 points of measurement were not support the design were: use e-learning facility and socialization of SAP.

Full Text:

PREVIEW DOCUMENT

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2356-0185

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA