Analisis Pengaruh Penerapan Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) terhadap Kemampulabaan (Studi Perusahaan yang Terdaftar di JII 2011)

Ade Wirman Syafei

Abstract


Abstrak – Bursa Efek Indonesia (2011) memiliki salah satu indeks saham syariah yang dikenal dengan nama Jakarta Islamic Index(JII). JII terdiri dari 30 perusahaan yang telah dinilai operasionalnya telah memenuhi prinsip-prinsip Syariah. Untuk itu, seluruh kegiatan emiten yang terdaftar di dalam JII dilakukan berdasarkan kepada prinsip-prinsip Good Governance Bisnis Syariah (GGBS) yang disusun oleh Komite Nasional Kebijakan Governance (2011). Penelitian ini diharapkan untuk memberikan deskripsi atas penerapan prinsip GGBS dalam operasional emiten yang terdaftar di dalam JII (2011), berdasarkan pengungkapan yang disampaikan dalam laporan tahunan. Sebagai bagian dari perusahaan bisnis, emiten yang terdaftar di JII (2011) juga dirancang untuk menghasilkan laba. Penelitian ini juga diharapkan memberikan deskripsi atas keberhasilan emiten dalam menghasilkan laba. Pada akhirnya, penelitian diharapkan dapat mendeskripsikan secara kualitatif pengaruh penerapan GGBS atas pencapaian emiten yang terdaftar di dalam JII (2011) dalam menghasilkan laba. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan GGBS dan pencapaian untuk menghasilkan laba oleh emiten yang terdaftar di dalam JII (2011) bervariasi dari satu dengan yang lain. Secara kualitatif, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan GGBS tidak berpengaruh terhadap pencapaian laba yang dihasilkan oleh emiten yang terdaftar di dalam JII (2011).

 

AbstractIndonesian Stock Exchange (2011) provide an index known as Jakarta Islamic Index-JII, consists of at least 30 companies which operates based on certain criterion under Islamic principles. Thus, these companies should be governed following the guidance of Islamic Good Corporate Governance (IGCG) promulgated by the National Commttee for Governance Policy of Indonesa (2011). This study is expected to describe the application of IGCG of companies on JII of the year 2011 based on the disclosed information related whith IGCG on their annual report. Though these companies are grouped in JII, those companies are still deemed to create profit. The study also describes the achievement companies of JII 2011’s profitability. In the end, the study is designed to describe qualitatively on the influence of the application of IGCG on companies of JII 2011’s profitability. The study shows that the application of IGCG and the achievement of their profitability are varied among the members of JII 2011. In addition, qualitatively the study shows that   the application of IGCG of those JII 2011 companies do not not influene their profitability achievement.

 

Keywords Jakarta Islamic Index, Islamic Good Corporate Governance, Profitability


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2356-0185

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA