Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Desa Lembupurwo Dalam Optimalisasi Informasi Potensi Desa Melalui Media Digital

Anugerah Bagus Wijaya, Desty Rakhmawati, Prita Suci Nurcandrani, Zanuar Rifai, Aulia Hamdi, Ferlin Christiana, Ratna Suminar

Abstract


Posisi georafis Desa Lembupurwo berada di pesisir pantai Desa Lembupurwo memiliki potensi ekowisata yang cukup menjajikan, desa Lembupurwo memiliki pariwisata berupa Pantai Laguna Lembupurwo selain itu Desa Lembupurwo memiliki potensi yang baik dari segi Perikanan dan Pertaniannya. Akan tetapi, terkait informasi potensi tersebut belum termuat seutuhnya pada website desa Lembupurwo dikarenakan pengumpulan informasi masih terkendala, sehingga informasi berkaitan dengan kegiatan pertanian dan wisata masih sangat terbatas pada Website desa Lembupurwo. Dari permasalahaan yang ada, kelemahan dan tantangan tersebut salah satunya adalah kapasitas sumberdaya manusia. Salah satu langkah solutif yang dapat dilakukan, yakni dengan pembentukan Kelompok Infomasi Masyarakat (KIM). Tujuan pengabdian ini secara umum adalah membentuk Kelompok Informasi Masyarakat guna meningkatkan pembangunan desa dan peningkatan pengelolaan website informasi desa sebagai media informasi digital desa Lembupurwo, dengan tujuan utama kegiatan adalah peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dalam rangka mendukung pengoptimalan website informasi desa juga sumberdaya manusia dalam pembuatan informasi berita desa Lembupurwo. Untuk kegiatan pengabdian pendekatan pendampingan yang akan dilakukan melalui tahapan Inception, Elaboration, Construction, dan Transition. Berdasarkan dari hasil dan pembahasan ketersedian Informasi desa dan potensi desa dapat diakses melalui web sehingga tidak hanya masyarakat lokal saja yang mengakses namun hingga masyarakat nasional.

Kata kunci: Informasi Desa, KIM, Media Digital


Full Text:

PDF

References


Haryani, 2. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Desa Sumberdodol Kabupaten Magetan dalam Pengembangan Iklan Pariwisata Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1689–1699.

Aizzatun Nabilah, E. H. (2017). Penerapan website desa dalam meningkatkan pelayanan masyarakat desa pulosari kecamatan bareng kabupaten jombang. journal of chemical information and modeling, 53(9), 1689–1699.

Muhammad Sholeh, J. T. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 158–164.

Ridha, M. R. (2018). Website Desa Sebagai Sarana Promosi Potensi Desa Lintas Utara Kab. Indragiri Hilir. Jurnal Sistemasi, 7(3), 204-211.

Yalia, M. (2015). Implementasi Kebijakan Pengembangan Dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial (Studi Pada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 29-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/psn.v2i1.1423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.