Implementasi Kompetensi Guru dalam Memberikan Kegiatan Keaksaraan Melalui Penggunaan “E-Book Keaksaraan”

Zahrina Amelia, Nila Fitria

Abstract


Kemampuan keaksaraan untuk anak-anak adalah memperluas kemampuan mereka untuk berkomunikasi melalui membaca dan menulis. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para guru Pendidikan Anak Usia Dini pada HIMPAUDI Kelurahan Kebon Melati tentang bermain keaksaraan menggunakan media dan buku panduan. Berdasarkan hasil survey guru-guru PAUD di Kelurahan Kebon Melati kurang memiliki pengetahuan tentang ragam permainan untuk mengasah kemampuan keaksaraan anak. Melihat hal tersebut tim dari dosen PAUD Universitas Al Azhar Indonesia merasa penting untuk pelatihan dan pendampingan kepada guru mengenai permainan-permainan yang dapat melatih kemampuan keaksaraan anak dengan 3 langkah pelaksanaan yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Selama pelatihan berlangsung para peserta aktif dan antusias saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan bagi guru-guru di kelurahan Kebon Melati agar dapat menggunakan berbagai jenis kegiatan dengan baik. Sebagai hasil kegiatan pelatihan, para guru PAUD di Kelurahan Kebon Melati meningkat sangat baik dalam penggunaan permainan untuk mengembangkan kemampuan keaksaraan anak usia dini.

Kata Kunci: Pelatihan, Bermain keaksaraan, Media, Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Anggalia, A., & Karmila, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet ) Pada Kelompok a Tk Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia, 3(2), 133–159. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/509/462

Ariani. L, & Hariyono, D. S. (2019). Storytelling Sebagai Metode Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, 36–44. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/5-Storytelling-Sebagai-Metode-Dalam-Mengembangkan-Kemampuan-Berbahasa-Pada-Anak-Prasekolah-36-44.pdf

Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190–192. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177–184. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 23–37. https://doi.org/10.1142/9789812773678_0145

Izzah, L., Nurhayati Adhani, D., & Fadjryana Fitroh, S. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel Untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah Lailatul. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62–68.

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Perdana Publishing (pp. 1–188).

Kurnia, R. (2012). Konsepsi Bermain dalam menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. Educhild, 01(1), 77–85.

Moran, C. E., & Senseny, K. (2016). An examination of the relationship between a child’s developmental age and early literacy learning. Cogent Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1169577

Nurjanah, S., Nurrohmah, E., & Zahro, I. F. (2018). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Animasi Di Tk Budi Nurani Cimahi. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 393–389. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p393-398

Rahayu, D. I. (2017). Pengembangan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Buku Cerita Budaya Lokal. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan BPPAUD dan DIKMAS NTB.

Ristalia, S., Sasmiati, S., & Maman, S. (2018). Aktivitas Bermain Teka-teki Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak : PG PAUD FKIP Universitas Lampung, 4(1), 148–162.

Tatalović Vorkapić, S., & Katić, V. (2020). Literacy-related school readiness through play in Croatia. International Journal of Early Years Education, 28(3), 277–294. https://doi.org/10.1080/09669760.2020.1803046

Zaini, A. (2015). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118–134. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.